Berapa Lama Makanan Akan Melewati Kerongkongan?

Posted on

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia untuk mendapatkan energi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya berapa lama makanan akan melewati kerongkongan setelah dikonsumsi? Hal ini mungkin tidak terlalu penting bagi sebagian orang, tetapi mengetahui proses pencernaan makanan dapat membantu kita dalam memahami bagaimana tubuh bekerja.

Proses Pencernaan Makanan

Proses pencernaan makanan dimulai sejak makanan masuk ke dalam mulut. Di dalam mulut, makanan dicerna oleh air liur dan gigi. Setelah itu, makanan akan melewati kerongkongan menuju lambung. Di dalam lambung, makanan dicerna oleh asam lambung dan enzim pencernaan. Setelah sekitar 3-4 jam, makanan akan keluar dari lambung dan masuk ke dalam usus dua belas jari.

Di dalam usus dua belas jari, makanan dicerna oleh enzim pencernaan dari pankreas dan empedu. Setelah itu, makanan akan melewati usus halus dan usus besar. Di dalam usus besar, air dan nutrisi yang tidak tercerna akan diserap kembali oleh tubuh. Akhirnya, sisa-sisa makanan akan dikeluarkan dari tubuh melalui anus.

Pos Terkait:  Arti Kata Alert: Beragam Makna dan Penggunaannya

Waktu yang Dibutuhkan untuk Makanan Melewati Kerongkongan

Setelah makanan masuk ke dalam mulut, waktu yang dibutuhkan untuk makanan melewati kerongkongan sekitar 5-10 detik. Namun, waktu yang dibutuhkan untuk makanan mencapai lambung tergantung pada jenis makanan dan banyaknya makanan yang dikonsumsi.

Makanan yang mudah dicerna seperti buah-buahan dan sayuran akan melewati lambung lebih cepat dibandingkan dengan makanan yang sulit dicerna seperti daging dan makanan berlemak. Selain itu, semakin banyak makanan yang dikonsumsi, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk makanan mencapai lambung.

Setelah mencapai lambung, waktu yang dibutuhkan untuk makanan keluar dari lambung berkisar antara 2-6 jam tergantung pada jenis makanan dan banyaknya makanan yang dikonsumsi. Makanan yang mudah dicerna akan keluar dari lambung lebih cepat dibandingkan dengan makanan yang sulit dicerna.

Penyebab Makanan Tidak Bisa Melewati Kerongkongan

Beberapa orang mungkin mengalami kesulitan dalam menelan makanan atau merasakan adanya makanan yang tersangkut di kerongkongan. Hal ini disebabkan oleh beberapa kondisi seperti penyempitan kerongkongan, kelainan pada otot kerongkongan, atau adanya benda asing yang masuk ke dalam kerongkongan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menelan makanan atau merasakan adanya makanan yang tersangkut di kerongkongan, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Pos Terkait:  Berapa Siung Bawang Putih dalam 100 Gram?

Penutup

Mengetahui proses pencernaan makanan dapat membantu kita dalam memahami bagaimana tubuh bekerja. Setelah makanan masuk ke dalam mulut, waktu yang dibutuhkan untuk makanan melewati kerongkongan sekitar 5-10 detik. Namun, waktu yang dibutuhkan untuk makanan mencapai lambung tergantung pada jenis makanan dan banyaknya makanan yang dikonsumsi. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menelan makanan atau merasakan adanya makanan yang tersangkut di kerongkongan, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *