Ciri Manusia Modern Menurut Para Ahli

Posted on

Manusia modern atau sering disebut manusia kontemporer adalah manusia yang hidup pada era saat ini, yaitu era teknologi dan informasi yang semakin maju. Era ini juga ditandai dengan perubahan dalam segala aspek kehidupan manusia, baik dari segi sosial, budaya, maupun ekonomi. Para ahli telah mengidentifikasi beberapa ciri-ciri manusia modern, berikut penjelasannya:

Ketergantungan pada Teknologi

Salah satu ciri manusia modern adalah ketergantungan pada teknologi. Manusia modern tidak bisa lepas dari teknologi karena teknologi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, manusia modern sangat bergantung pada smartphone dan internet untuk berkomunikasi, mencari informasi, dan transaksi online.

Masyarakat yang Multikultural

Manusia modern hidup di masyarakat yang multikultural, yaitu masyarakat yang terdiri dari berbagai ras, agama, dan budaya. Hal ini disebabkan oleh kemajuan teknologi yang memungkinkan manusia untuk berinteraksi dengan orang dari seluruh penjuru dunia. Kondisi ini membutuhkan kemampuan untuk menghargai perbedaan dan toleransi terhadap keberagaman.

Pos Terkait:  Strategi Literasi di Kelas untuk Menunjang Kompetensi Literasi Murid di SD

Perubahan dalam Pola Konsumsi

Manusia modern memiliki pola konsumsi yang berbeda dengan manusia pada masa lalu. Manusia modern cenderung membeli barang-barang yang berharga tinggi, seperti teknologi canggih, kendaraan mewah, dan barang-barang branded. Pola konsumsi ini dipicu oleh adanya kemudahan akses ke informasi dan penawaran produk yang beragam.

Perubahan dalam Pola Pemikiran

Manusia modern memiliki pola pemikiran yang berbeda dengan manusia pada masa lalu. Manusia modern cenderung lebih rasional dan pragmatis dalam mengambil keputusan. Mereka lebih cenderung mengandalkan data dan fakta dalam mengambil keputusan, daripada mengandalkan emosi atau keyakinan.

Peningkatan Kesadaran Lingkungan

Manusia modern memiliki kesadaran lingkungan yang lebih tinggi daripada manusia pada masa lalu. Hal ini disebabkan oleh adanya informasi tentang dampak kerusakan lingkungan yang semakin meningkat. Manusia modern cenderung lebih peduli terhadap lingkungan dan melakukan tindakan untuk menjaga kelestariannya.

Peningkatan Kesehatan dan Harapan Hidup

Manusia modern memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik dan harapan hidup yang lebih tinggi daripada manusia pada masa lalu. Hal ini disebabkan oleh adanya kemajuan dalam bidang kesehatan dan teknologi medis, serta peningkatan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan.

Perubahan dalam Pola Pendidikan

Manusia modern memiliki pola pendidikan yang berbeda dengan manusia pada masa lalu. Pendidikan pada masa lalu cenderung bersifat formal dan terpusat pada guru sebagai pusat pembelajaran. Sedangkan pada masa sekarang, pendidikan telah bergeser menjadi lebih praktis dan terbuka, dengan adanya akses informasi yang lebih luas dan teknologi sebagai media pembelajaran.

Pos Terkait:  5 Strategi UMKM untuk Menghadapi Persaingan yang Semakin Ketat

Peningkatan Mobilitas

Manusia modern memiliki mobilitas yang lebih tinggi daripada manusia pada masa lalu. Hal ini disebabkan oleh adanya kemajuan dalam bidang transportasi dan teknologi, serta perubahan dalam pola kerja yang lebih fleksibel dan mobile. Manusia modern lebih sering melakukan perjalanan jarak jauh atau bekerja di tempat yang berbeda dari tempat tinggalnya.

Penggunaan Bahasa yang Beragam

Manusia modern menggunakan bahasa yang lebih beragam daripada manusia pada masa lalu. Hal ini disebabkan oleh adanya kemudahan akses informasi dan interaksi dengan orang dari berbagai negara. Manusia modern juga cenderung menguasai bahasa asing sebagai salah satu syarat dalam berkompetisi di dunia kerja dan bisnis.

Perubahan dalam Pola Hubungan Sosial

Manusia modern memiliki pola hubungan sosial yang berbeda dengan manusia pada masa lalu. Hubungan sosial pada masa lalu cenderung bersifat formal dan terpusat pada keluarga dan komunitas tertentu. Sedangkan pada masa sekarang, hubungan sosial telah bergeser menjadi lebih luas dan terbuka, dengan adanya media sosial dan kemudahan akses informasi.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa manusia modern memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan manusia pada masa lalu. Manusia modern memiliki ketergantungan pada teknologi, hidup di masyarakat yang multikultural, memiliki pola konsumsi dan pemikiran yang berbeda, serta memiliki kesadaran lingkungan yang lebih tinggi. Selain itu, manusia modern juga memiliki tingkat kesehatan dan harapan hidup yang lebih baik, pola pendidikan yang lebih praktis dan terbuka, mobilitas yang lebih tinggi, dan penggunaan bahasa yang lebih beragam. Semua ciri-ciri tersebut merupakan dampak dari kemajuan teknologi dan informasi yang semakin maju.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *