Pengertian Phyto Plankton

Posted on

Phyto plankton adalah organisme laut yang sangat kecil dan terdapat di permukaan laut. Organisme ini berperan penting dalam siklus kehidupan di laut. Phyto plankton berbentuk seperti alga dan terdiri dari berbagai jenis seperti diatom, dinoflagellata, dan coccolithophore.

Jenis-jenis Phyto Plankton

Phyto plankton terdiri dari berbagai jenis. Satu di antaranya adalah diatom yang memiliki cangkang yang terbuat dari silika. Diatom sangat penting dalam siklus karbon karena mereka mengubah karbon dioksida menjadi oksigen melalui proses fotosintesis. Jenis lain dari phyto plankton adalah dinoflagellata yang memiliki flagela atau rambut getar yang membantu dalam gerakan. Dinoflagellata juga memiliki pigmen yang berbeda-beda yang memberikan warna pada air laut. Jenis terakhir dari phyto plankton adalah coccolithophore. Organisme ini memiliki cangkang yang terbuat dari kalsium karbonat dan memainkan peran penting dalam siklus karbon di laut.

Peran Phyto Plankton dalam Ekosistem Laut

Phyto plankton berperan penting dalam ekosistem laut. Mereka adalah sumber makanan bagi hewan laut seperti ikan, kepiting, dan cumi-cumi. Selain itu, phyto plankton juga berperan dalam siklus karbon di laut karena mereka mengubah karbon dioksida menjadi oksigen melalui proses fotosintesis. Phyto plankton juga memainkan peran penting dalam siklus nutrisi laut karena mereka menghasilkan nutrisi yang dibutuhkan oleh organisme laut lainnya.

Pos Terkait:  Apa Itu Perangkat Tegar di Vivo?

Pengaruh Perubahan Lingkungan terhadap Phyto Plankton

Perubahan lingkungan dapat mempengaruhi populasi phyto plankton. Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan phyto plankton adalah suhu air laut. Jika suhu air laut terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka pertumbuhan phyto plankton bisa terhambat. Selain itu, polusi dan perubahan pH air laut juga dapat mempengaruhi pertumbuhan phyto plankton. Jika pH air laut berubah, maka bisa mempengaruhi kemampuan phyto plankton untuk melakukan fotosintesis.

Manfaat Phyto Plankton bagi Manusia

Phyto plankton memiliki banyak manfaat bagi manusia. Salah satu manfaatnya adalah sebagai sumber makanan. Beberapa jenis phyto plankton seperti spirulina dan chlorella dikonsumsi sebagai suplemen makanan karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Selain itu, phyto plankton juga digunakan dalam bidang farmasi dan kosmetik. Beberapa senyawa yang terdapat dalam phyto plankton memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Kesimpulan

Phyto plankton adalah organisme laut yang berperan penting dalam ekosistem laut. Mereka adalah sumber makanan bagi hewan laut dan memainkan peran penting dalam siklus karbon dan nutrisi laut. Perubahan lingkungan dapat mempengaruhi populasi phyto plankton dan phyto plankton memiliki banyak manfaat bagi manusia seperti sebagai sumber makanan dan digunakan dalam bidang farmasi dan kosmetik.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *