Arti Kata 86: Apa Itu 86 dan Apa Saja Maknanya?

Posted on

Jika kamu sering berkunjung ke restoran atau bar, mungkin kamu sudah pernah mendengar kalimat “86” yang sering diucapkan oleh para bartender atau pelayan. Apa sih sebenarnya arti dari kata 86 ini? Mari kita bahas lebih lanjut.

Apa Itu Arti Kata 86?

Secara umum, arti kata 86 adalah kode komunikasi yang digunakan oleh para bartender atau pelayan untuk mengindikasikan bahwa suatu makanan atau minuman sudah habis atau tidak tersedia lagi. Istilah ini juga bisa digunakan untuk menunjukkan bahwa seseorang harus pergi atau diusir dari suatu tempat.

Asal Usul Arti Kata 86

Tidak ada yang tahu pasti asal usul dari arti kata 86 ini. Namun, ada beberapa teori yang mencoba menjelaskan bagaimana istilah ini muncul. Salah satu teori menyebutkan bahwa istilah ini berasal dari bahasa Prancis, yaitu “quatre-vingt-six” yang artinya “empat puluh enam”. Konon, istilah ini digunakan oleh para bartender di Paris pada abad ke-19 untuk menunjukkan bahwa stok minuman tertentu sudah habis.

Pos Terkait:  Arti Kata Iman: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Namun, teori lain mengatakan bahwa arti kata 86 berasal dari bahasa Inggris, khususnya dari bahasa slang Amerika. Menurut teori ini, istilah ini awalnya digunakan oleh para penjahat di Amerika Serikat pada tahun 1920-an untuk merujuk pada polisi atau petugas penjara. Mereka menggunakan kode ini agar tidak terdengar oleh petugas yang sedang berjaga-jaga. Kode ini kemudian diadopsi oleh para bartender dan pelayan sebagai kode untuk menunjukkan bahwa suatu menu atau minuman sudah tidak tersedia lagi.

Contoh Penggunaan Arti Kata 86

Sebagai contoh, jika seorang pelanggan memesan martini di sebuah bar, dan bartender mengatakan “Maaf, martini sudah 86”, itu artinya martini tidak tersedia lagi. Begitu juga jika seorang pelanggan bertingkah tidak sopan atau membuat kekacauan di dalam bar, bartender bisa mengatakan “Tolong 86 dia dari bar”, yang berarti pelanggan tersebut harus dikeluarkan dari bar.

Apa Saja Makna Lain dari Arti Kata 86?

Selain sebagai kode untuk menunjukkan bahwa suatu menu atau minuman sudah tidak tersedia lagi, arti kata 86 juga bisa memiliki makna lain tergantung pada konteks penggunaannya. Beberapa contoh makna lain dari arti kata 86 adalah:

  • Menolak atau menolak sesuatu
  • Memotong atau menghapus sesuatu
  • Menonaktifkan atau mematikan sesuatu
  • Merusak atau menghancurkan sesuatu
  • Menyingkirkan atau membuang sesuatu
Pos Terkait:  Kuliah atau Kerja Setelah Lulus SMK?

Meskipun arti kata 86 memiliki makna yang berbeda-beda tergantung pada konteks penggunaannya, namun tetap saja istilah ini lebih sering digunakan oleh para bartender atau pelayan dalam konteks restoran dan bar.

Bagaimana Cara Menggunakan Arti Kata 86 dengan Baik?

Bagi para bartender atau pelayan, menggunakan arti kata 86 dengan baik sangatlah penting untuk menjaga profesionalisme dan kepercayaan pelanggan. Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan arti kata 86 dengan baik:

  • Jangan gunakan kode ini secara sembarangan. Hanya gunakan ketika benar-benar diperlukan.
  • Jangan gunakan kode ini untuk mengejek atau merendahkan pelanggan.
  • Berikan alternatif lain kepada pelanggan jika suatu menu atau minuman sudah tidak tersedia lagi.
  • Jangan gunakan kode ini untuk menyindir atau menunjukkan ketidaknyamananmu terhadap pelanggan.
  • Jangan biarkan pelanggan menunggu terlalu lama sebelum memberitahu mereka bahwa suatu menu atau minuman sudah tidak tersedia lagi.

Kesimpulan

Arti kata 86 adalah kode komunikasi yang digunakan oleh para bartender atau pelayan untuk menunjukkan bahwa suatu menu atau minuman sudah tidak tersedia lagi. Istilah ini memiliki asal usul yang tidak jelas, namun sering digunakan di restoran dan bar di seluruh dunia. Selain itu, arti kata 86 juga bisa memiliki makna lain tergantung pada konteks penggunaannya. Namun, tetap saja penting untuk menggunakan kode ini dengan baik dan profesional untuk menjaga kepercayaan pelanggan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *