Berapa Lama Menjadi Warga IKSPI?

Posted on

IKSPI atau Ikatan Keluarga Silat Putih Indonesia adalah sebuah organisasi pencak silat yang memiliki banyak anggota di seluruh Indonesia. Bagi orang yang baru bergabung dengan organisasi ini, seringkali muncul pertanyaan, “Berapa lama menjadi warga IKSPI?”

Apa itu IKSPI?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai berapa lama menjadi warga IKSPI, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang organisasi ini. IKSPI didirikan pada tahun 1963 oleh almarhum Bapak Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan Gus Dur. Organisasi ini bertujuan untuk melestarikan seni bela diri tradisional Indonesia, yaitu pencak silat.

IKSPI bukanlah organisasi yang terbuka untuk umum. Hanya orang-orang yang memiliki ketertarikan dan kecintaan terhadap pencak silat yang bisa bergabung menjadi anggota IKSPI. Selain itu, calon anggota juga harus melewati berbagai seleksi dan ujian untuk membuktikan kemampuan dan keterampilan mereka dalam pencak silat.

Proses Menjadi Warga IKSPI

Setelah lolos seleksi dan ujian, calon anggota IKSPI resmi menjadi anggota dan akan diberikan surat keterangan keanggotaan. Namun, menjadi warga IKSPI bukan berarti kita sudah sepenuhnya menjadi bagian dari organisasi ini. Masih ada tahap-tahap yang harus dilalui untuk menjadi anggota yang benar-benar aktif dan terlibat dalam kegiatan IKSPI.

Pos Terkait:  Mengapa Kita Harus Menjaga Kebersihan Kelas?

Setiap anggota IKSPI wajib mengikuti latihan rutin yang diadakan oleh cabang IKSPI di daerah masing-masing. Latihan ini tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan fisik dan teknik pencak silat, tetapi juga untuk mempererat tali persaudaraan antar anggota.

Selain itu, anggota IKSPI juga diharuskan untuk mematuhi aturan dan norma-norma yang berlaku di dalam organisasi. Setiap anggota diberikan kartu keanggotaan dan seragam resmi yang harus dikenakan saat mengikuti kegiatan IKSPI.

Berapa Lama Menjadi Warga IKSPI?

Pertanyaan yang seringkali muncul adalah, “Berapa lama menjadi warga IKSPI?” Jawabannya sebenarnya tidak bisa dipastikan secara pasti. Hal ini karena proses menjadi warga IKSPI tidak hanya tergantung pada kemampuan fisik dan teknik pencak silat, tetapi juga pada sikap dan kepribadian calon anggota.

Ada anggota IKSPI yang baru bergabung dan langsung aktif terlibat dalam kegiatan organisasi, tetapi ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama untuk benar-benar terlibat dalam kegiatan IKSPI. Ini sangat tergantung pada diri masing-masing calon anggota.

Yang jelas, menjadi warga IKSPI bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan tekad dan komitmen yang kuat untuk mengikuti semua tahap dan aturan yang berlaku di dalam organisasi. Namun, jika kita benar-benar memiliki ketertarikan dan kecintaan terhadap pencak silat, bergabung dengan IKSPI bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pos Terkait:  Bagaimana Dampak dan Masuknya Budaya Asing terhadap Budaya Nasional

Kesimpulan

IKSPI adalah organisasi pencak silat yang memiliki banyak anggota di seluruh Indonesia. Proses menjadi warga IKSPI tidaklah mudah, karena calon anggota harus melewati seleksi dan ujian untuk membuktikan kemampuan dan keterampilan mereka dalam pencak silat. Setelah resmi menjadi anggota, masih ada tahap-tahap yang harus dilalui untuk menjadi anggota yang benar-benar aktif dan terlibat dalam kegiatan IKSPI.

Berapa lama menjadi warga IKSPI sebenarnya tidak bisa dipastikan secara pasti, karena tergantung pada kemampuan fisik dan teknik pencak silat, serta sikap dan kepribadian calon anggota. Namun, jika kita memiliki ketertarikan dan kecintaan terhadap pencak silat, bergabung dengan IKSPI bisa menjadi pilihan yang tepat.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *