Tuliskan Letak Lintang dan Bujur di Negara Laos dan Malaysia

Posted on

Apakah Anda pernah bertanya-tanya tentang letak lintang dan bujur di negara Laos dan Malaysia? Negara-negara ini terletak di Asia Tenggara dan memiliki koordinat geografis yang unik. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang letak lintang dan bujur di negara Laos dan Malaysia.

Letak Lintang dan Bujur di Negara Laos

Negara Laos terletak di Asia Tenggara, berbatasan dengan Thailand di sebelah barat, Vietnam di sebelah timur, China di sebelah utara, dan Kamboja di sebelah selatan. Letak lintang Laos berada di antara 14° dan 23° LU, sedangkan letak bujurnya berada di antara 100° dan 108° BT.

Wilayah Laos terdiri dari dataran rendah yang luas di sepanjang Sungai Mekong di bagian timur dan pegunungan yang tinggi di sebelah barat. Sebagian besar wilayah Laos terletak di antara 100° dan 107° BT, dengan bagian utara negara ini terletak di antara 102° dan 108° BT.

Letak lintang Laos membuat negara ini memiliki iklim tropis dengan musim hujan dan musim kemarau yang jelas. Musim hujan berlangsung dari Mei hingga Oktober, sedangkan musim kemarau berlangsung dari November hingga April.

Pos Terkait:  Dalam Menarikan Suatu Tarian, Ekspresi Wajah Harus

Letak Lintang dan Bujur di Negara Malaysia

Negara Malaysia terletak di Asia Tenggara, berbatasan dengan Thailand di sebelah utara, Indonesia di sebelah selatan, dan Brunei serta Laut Cina Selatan di sebelah timur. Letak lintang Malaysia berada di antara 1° dan 7° LU, sedangkan letak bujurnya berada di antara 100° dan 119° BT.

Wilayah Malaysia terdiri dari semenanjung Malaysia yang terletak di sebelah barat daya Asia dan pulau-pulau besar seperti Pulau Borneo yang terletak di sebelah timur. Letak lintang semenanjung Malaysia berada di antara 2° dan 7° LU, sedangkan letak lintang Pulau Borneo berada di antara 4° dan 7° LU.

Letak lintang Malaysia membuat negara ini memiliki iklim tropis dengan suhu yang relatif stabil sepanjang tahun. Musim hujan berlangsung dari November hingga Februari, sedangkan musim kemarau berlangsung dari Maret hingga Oktober.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas secara rinci tentang letak lintang dan bujur di negara Laos dan Malaysia. Laos terletak di antara 14° dan 23° LU serta 100° dan 108° BT, sedangkan Malaysia terletak di antara 1° dan 7° LU serta 100° dan 119° BT. Letak lintang dan bujur ini mempengaruhi iklim negara-negara ini dan mempengaruhi kultur serta kehidupan masyarakat di sana.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *