Sebutkan Tiga Jenis Latar dan Berikan Contohnya

Posted on

Dalam dunia seni, latar atau background merupakan elemen yang sangat penting. Latar digunakan untuk memberikan nuansa, suasana, dan dapat memperkuat pesan dalam sebuah karya seni. Berikut ini adalah tiga jenis latar dalam seni dan contohnya:

1. Latar Alam

Latar alam adalah latar yang menggambarkan pemandangan alam seperti pegunungan, laut, hutan, dan sebagainya. Latar ini sering digunakan dalam lukisan, fotografi, dan film. Contohnya, lukisan Monet yang terkenal dengan latar belakang taman airnya yang indah dan menenangkan.

Film-film seperti “The Lord of The Rings” juga menggunakan latar alam yang indah dan megah seperti pegunungan dan lembah hijau di Selandia Baru yang menambah kesan epik dalam film tersebut.

2. Latar Kota

Latar kota adalah latar yang menggambarkan kehidupan di kota seperti gedung pencakar langit, jalan-jalan sibuk, atau bangunan bersejarah. Latar ini sering digunakan dalam film, fotografi, dan seni lukis. Contohnya, lukisan Edward Hopper yang menampilkan jalanan kota yang sunyi dan sepi di malam hari.

Film-film seperti “Midnight in Paris” juga menggunakan latar kota yang khas seperti Paris yang indah dan romantis sebagai latar cerita.

Pos Terkait:  Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Tangga Nada?

3. Latar Fantasi

Latar fantasi adalah latar yang menggambarkan dunia imajinasi seperti dunia dongeng, mitologi, atau dunia fiksi. Latar ini sering digunakan dalam film, buku cerita, dan seni lukis. Contohnya, lukisan Salvador Dali yang penuh dengan elemen surreal dan magis.

Film-film seperti “Harry Potter” atau “The Hobbit” juga menggunakan latar fantasi yang megah dan penuh dengan keajaiban untuk memperkuat cerita dan imajinasi penonton.

Dalam kesimpulannya, latar dalam seni sangatlah penting untuk memberikan nuansa, suasana, dan memperkuat pesan dalam sebuah karya seni. Ada tiga jenis latar utama dalam seni yaitu latar alam, latar kota, dan latar fantasi. Setiap jenis latar memiliki ciri khas dan kegunaan yang berbeda-beda.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *