Apa Itu Artinya Kerygma? – Menjelaskan Makna dan Pentingnya Kerygma dalam Kehidupan Kristen

Posted on

Anda mungkin pernah mendengar kata “kerygma” dalam konteks kristen, tetapi mungkin tidak tahu persis apa artinya. Kerygma adalah kata Yunani yang berarti “pengumuman” atau “berita baik”. Dalam konteks kristen, kerygma merujuk pada pesan Injil atau pesan keselamatan yang disampaikan oleh Yesus Kristus. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang apa itu artinya kerygma dan mengapa penting untuk dipahami dalam kehidupan Kristen.

Sejarah Kerygma

Kerygma adalah bagian penting dari sejarah Gereja Kristen. Sejak awal, para rasul dan pengikut Yesus Kristus telah menyampaikan pesan Injil atau pesan keselamatan. Mereka mengajarkan tentang kehidupan, kematian, dan kebangkitan Yesus Kristus serta bagaimana pesan tersebut dapat membawa keselamatan bagi orang yang percaya. Pesan ini disebut sebagai “kerygma” atau “pengumuman” karena itu adalah berita yang harus disampaikan ke seluruh dunia.

Komponen Kerygma

Kerygma terdiri dari beberapa komponen penting yang harus dipahami oleh orang Kristen. Pertama, kerygma mengajarkan tentang dosa manusia dan kebutuhan manusia akan keselamatan. Kedua, kerygma mengajarkan tentang Yesus Kristus dan karya keselamatannya. Ketiga, kerygma mengajarkan tentang iman yang benar dan cara hidup Kristen yang benar. Keempat, kerygma mengajarkan tentang akhir dunia dan kebangkitan orang mati.

Pos Terkait:  Arti Kata Mudah: Mengenal Lebih Dekat dengan Kata Mudah

Pentingnya Kerygma

Memahami kerygma sangat penting dalam kehidupan Kristen karena itu adalah pesan keselamatan yang disampaikan oleh Yesus Kristus. Kerygma adalah dasar dari iman Kristen dan harus dipahami oleh setiap orang Kristen. Tanpa pemahaman yang benar tentang kerygma, seseorang tidak dapat memahami keselamatan yang ditawarkan oleh Yesus Kristus.

Menyampaikan Kerygma

Menyampaikan kerygma adalah tanggung jawab setiap orang Kristen. Sejak awal, para rasul dan pengikut Yesus Kristus telah menyampaikan pesan Injil atau pesan keselamatan. Mereka melakukan ini melalui pengajaran, pengkhotbah, dan misi. Saat ini, orang Kristen dapat menyampaikan pesan kerygma melalui berbagai cara, termasuk pengajaran, pengkhotbah, media sosial, dan misi.

Memahami Kerygma

Memahami kerygma membutuhkan waktu dan usaha. Ada banyak sumber yang tersedia untuk membantu orang Kristen memahami kerygma, termasuk Alkitab, buku, dan pengajar. Penting bagi orang Kristen untuk terus belajar dan memperdalam pemahaman mereka tentang kerygma agar mereka dapat menyampaikan pesan keselamatan dengan benar.

Kesimpulan

Secara singkat, kerygma adalah pesan Injil atau pesan keselamatan yang disampaikan oleh Yesus Kristus. Kerygma adalah dasar dari iman Kristen dan harus dipahami oleh setiap orang Kristen. Memahami kerygma membutuhkan waktu dan usaha, tetapi itu sangat penting dalam kehidupan Kristen. Setiap orang Kristen memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan pesan kerygma kepada orang lain agar mereka juga dapat mengalami keselamatan yang sama.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *