Pengertian tentang Responsibility dan Contohnya

Posted on

Responsibility atau tanggung jawab adalah sebuah sikap yang harus dimiliki oleh setiap orang dalam menjalani kehidupan. Sikap ini sangat penting karena dapat menentukan kesuksesan seseorang dalam hidupnya. Seorang yang bertanggung jawab akan mampu menyelesaikan tugas atau pekerjaannya dengan baik dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Tanggung jawab dapat diartikan sebagai sebuah kewajiban yang harus dipenuhi oleh seseorang terhadap dirinya sendiri, orang lain, lingkungan, atau kegiatan yang sedang dijalani. Tanggung jawab ini dapat berupa tanggung jawab moral, tanggung jawab sosial, tanggung jawab pribadi, atau tanggung jawab profesional.

Tanggung Jawab Moral

Tanggung jawab moral adalah tanggung jawab yang berkaitan dengan nilai-nilai moral atau etika yang harus dipenuhi oleh seseorang dalam kehidupannya. Contohnya adalah menjaga kejujuran, menghargai hak orang lain, tidak melakukan tindakan yang merugikan orang lain, dan lain sebagainya.

Tanggung Jawab Sosial

Tanggung jawab sosial adalah tanggung jawab yang berkaitan dengan hubungan sosial seseorang dengan lingkungannya. Contohnya adalah membayar pajak, menjaga kebersihan lingkungan, membantu orang yang membutuhkan, dan lain sebagainya.

Pos Terkait:  Berapakah Jumlahnya: Menakar Pentingnya Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari

Tanggung Jawab Pribadi

Tanggung jawab pribadi adalah tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh seseorang terhadap dirinya sendiri. Contohnya adalah menjaga kesehatan, mempelajari hal baru, mengembangkan diri, dan lain sebagainya.

Tanggung Jawab Profesional

Tanggung jawab profesional adalah tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh seseorang dalam menjalankan pekerjaannya. Contohnya adalah menyelesaikan tugas sesuai dengan target yang telah ditetapkan, menjaga kerahasiaan informasi, menjaga reputasi perusahaan, dan lain sebagainya.

Setiap orang seharusnya memiliki tanggung jawab yang sama terhadap keempat jenis tanggung jawab tersebut. Dalam menjalani kehidupan, seorang yang bertanggung jawab memiliki beberapa ciri-ciri, di antaranya:

Ciri-ciri Orang yang Bertanggung Jawab

1. Disiplin

Orang yang bertanggung jawab memiliki disiplin yang tinggi dalam menjalankan pekerjaannya. Mereka memahami betul waktu yang dimiliki dan selalu berusaha untuk menyelesaikan tugas tepat waktu.

2. Menghargai Waktu

Bertanggung jawab juga berarti menghargai waktu. Orang yang bertanggung jawab selalu memperhatikan waktu yang dimilikinya dan tidak menyia-nyiakan waktu dengan hal yang tidak penting.

3. Memiliki Rasa Tanggung Jawab

Orang yang bertanggung jawab selalu merasa memiliki rasa tanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya. Mereka selalu berusaha untuk menyelesaikan tugas dengan baik dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Pos Terkait:  APA YANG DIMAKSUD DENGAN MENGGAMBAR MODEL

4. Jujur

Bertanggung jawab juga berarti jujur. Orang yang bertanggung jawab selalu jujur dalam segala hal. Mereka tidak akan melakukan tindakan yang merugikan orang lain atau menyebabkan kerugian pada perusahaan.

5. Konsisten

Orang yang bertanggung jawab juga konsisten dalam menjalankan tugas atau pekerjaannya. Mereka selalu berusaha untuk menjaga kualitas pekerjaannya agar tetap konsisten dan tidak mengecewakan orang lain.

Contoh Tanggung Jawab dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Tanggung Jawab sebagai Orang Tua

Sebagai orang tua, tanggung jawab utama adalah mendidik anak dengan baik dan memberikan perlindungan serta kasih sayang. Orang tua juga harus memberikan contoh yang baik bagi anak-anaknya.

2. Tanggung Jawab sebagai Mahasiswa

Sebagai mahasiswa, tanggung jawab utama adalah menyelesaikan tugas kuliah dengan baik dan tidak melakukan kecurangan. Mahasiswa juga harus mematuhi aturan yang berlaku di kampus.

3. Tanggung Jawab sebagai Karyawan

Sebagai karyawan, tanggung jawab utama adalah menyelesaikan tugas pekerjaan dengan baik dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Karyawan juga harus menjaga kerahasiaan informasi perusahaan dan tidak melakukan tindakan yang merugikan perusahaan.

4. Tanggung Jawab sebagai Warga Negara

Sebagai warga negara, tanggung jawab utama adalah membayar pajak dan mematuhi aturan yang berlaku di negara tersebut. Warga negara juga harus menjaga kebersihan lingkungan dan membantu orang yang membutuhkan.

Pos Terkait:  Agar Kamu Lolos Psikotes Ini Dia Ada Cara Mengerjakan Psikotes

Itulah pengertian tentang responsibility dan contohnya. Dalam menjalani kehidupan, setiap orang harus memiliki tanggung jawab yang sama terhadap dirinya sendiri, orang lain, lingkungan, dan kegiatan yang sedang dijalani. Dengan memiliki sikap yang bertanggung jawab, seseorang akan mampu mencapai kesuksesan dalam hidupnya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *