Luas Trapesium pada Gambar di Samping Adalah?

Posted on

Jika Anda sedang belajar matematika, pasti sudah mengenal berbagai macam bangun datar. Salah satu bangun datar yang sering dipelajari adalah trapesium. Trapesium adalah bangun datar yang memiliki empat sisi, dua di antaranya sejajar dan dua sisanya tidak sejajar. Namun, bagaimana cara menghitung luas trapesium? Mari kita pelajari lebih lanjut.

Definisi Trapesium

Sebelum membahas tentang cara menghitung luas trapesium, mari kita bahas terlebih dahulu definisi dari trapesium itu sendiri. Trapesium adalah bangun datar yang memiliki empat sisi, dua di antaranya sejajar dan dua sisanya tidak sejajar. Sisi yang sejajar disebut sebagai sisi atas dan sisi bawah, sedangkan sisi yang tidak sejajar disebut sebagai sisi miring.

Cara Menghitung Luas Trapesium

Untuk menghitung luas trapesium, kita perlu mengetahui panjang sisi atas, sisi bawah, dan tinggi trapesium. Rumus untuk menghitung luas trapesium adalah:

Luas = 1/2 x (sisi atas + sisi bawah) x tinggi

Dalam rumus di atas, tanda x merupakan tanda perkalian. Misalnya, jika sisi atas trapesium adalah 10 cm, sisi bawah trapesium adalah 20 cm, dan tinggi trapesium adalah 15 cm, maka rumus untuk menghitung luas trapesium menjadi:

Pos Terkait:  Negara yang Berbentuk Geografis Protruded dan Penduduknya Mayoritas Ras Mongol Yaitu

Luas = 1/2 x (10 cm + 20 cm) x 15 cm

Luas = 1/2 x 30 cm x 15 cm

Luas = 225 cm2

Dari hasil perhitungan di atas, luas trapesium adalah 225 cm2.

Contoh Soal Menghitung Luas Trapesium

Untuk lebih memahami cara menghitung luas trapesium, berikut adalah contoh soal yang bisa Anda coba:

Diketahui sisi atas trapesium adalah 8 cm, sisi bawah trapesium adalah 12 cm, dan tinggi trapesium adalah 6 cm. Hitunglah luas trapesium!

Untuk menghitung luas trapesium, kita perlu mengikuti rumus yang sudah dijelaskan sebelumnya:

Luas = 1/2 x (sisi atas + sisi bawah) x tinggi

Substitusikan nilai yang sudah diketahui ke dalam rumus tersebut:

Luas = 1/2 x (8 cm + 12 cm) x 6 cm

Luas = 1/2 x 20 cm x 6 cm

Luas = 60 cm2

Jadi, luas trapesium pada gambar di samping adalah 60 cm2.

Kesimpulan

Trapesium adalah bangun datar yang memiliki empat sisi, dua di antaranya sejajar dan dua sisanya tidak sejajar. Untuk menghitung luas trapesium, kita perlu mengetahui panjang sisi atas, sisi bawah, dan tinggi trapesium. Rumus untuk menghitung luas trapesium adalah 1/2 x (sisi atas + sisi bawah) x tinggi. Dengan mengikuti rumus tersebut, kita bisa menghitung luas trapesium dengan mudah.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *