Organel Sel Hewan: Fungsi dan Jenisnya

Posted on

Organel sel hewan adalah bagian-bagian kecil yang terdapat di dalam sel hewan yang memiliki fungsi masing-masing. Setiap organel sel hewan memiliki peran penting dalam menjaga kelangsungan hidup sel dan tubuh hewan itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis dan fungsi organel sel hewan yang perlu kita ketahui.

1. Membran Sel

Membran sel adalah lapisan tipis yang melindungi sel dari pengaruh lingkungan luar. Membran sel terdiri dari lapisan ganda fosfolipid yang disebut bilayer fosfolipid. Selain itu, terdapat pula molekul protein dan karbohidrat yang terkait dengan fungsi sel tertentu.

2. Sitoplasma

Sitoplasma adalah cairan yang terdapat di dalam sel yang berfungsi sebagai tempat reaksi kimia dalam sel. Sitoplasma mengandung berbagai macam organel sel hewan seperti mitokondria, ribosom, dan lain-lain.

3. Mitokondria

Mitokondria adalah organel sel hewan yang berfungsi sebagai pusat pembentukan energi. Mitokondria menghasilkan ATP (adenosin trifosfat) yang merupakan sumber energi bagi sel dan tubuh hewan.

4. Ribosom

Ribosom adalah organel sel hewan yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein dalam sel. Ribosom terdiri dari dua subunit yang terdiri dari RNA dan protein.

5. Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma adalah organel sel hewan yang berfungsi sebagai tempat sintesis lipid dan protein dalam sel. Retikulum endoplasma terdiri dari dua jenis yaitu retikulum endoplasma kasar (RER) dan retikulum endoplasma halus (SER).

Pos Terkait:  Sistem Hormon pada Manusia: Pengertian, Fungsi, dan Gangguannya

6. Aparatus Golgi

Aparatus golgi adalah organel sel hewan yang berfungsi sebagai tempat pengolahan dan pengiriman protein dan lipid dalam sel. Aparatus golgi terdiri dari beberapa lapisan membran yang saling berhubungan.

7. Lisosom

Lisosom adalah organel sel hewan yang berfungsi sebagai tempat pencernaan seluler. Lisosom mengandung enzim hidrolitik yang dapat memecah berbagai macam molekul organik dalam sel.

8. Badan Mikrotubulus

Badan mikrotubulus adalah organel sel hewan yang berfungsi sebagai tempat pembentukan mikrotubulus. Mikrotubulus adalah struktur silinder yang terdiri dari protein tubulin dan berfungsi sebagai jalan transportasi dalam sel.

9. Badan Mikrofilamen

Badan mikrofilamen adalah organel sel hewan yang berfungsi sebagai tempat pembentukan mikrofilamen. Mikrofilamen adalah struktur silinder yang terdiri dari protein aktin dan berfungsi sebagai pendukung sel serta mempercepat gerakan sel.

10. Sentriol

Sentriol adalah organel sel hewan yang terletak di dekat inti sel dan memainkan peran penting dalam pembelahan sel. Sentriol terdiri dari dua mikrotubulus yang saling terkait.

11. Inti Sel

Inti sel adalah organel sel hewan yang mengandung DNA dan mengendalikan aktivitas sel. Inti sel terdiri dari membran inti, nukleolus, dan kromosom.

12. Nukleolus

Nukleolus adalah organel sel hewan yang berfungsi sebagai tempat sintesis RNA dan pembentukan ribosom. Nukleolus terletak di dalam inti sel.

13. Kromatin

Kromatin adalah materi genetik yang terdapat di dalam inti sel. Kromatin terdiri dari DNA, histon, dan protein non-histon.

14. Kromosom

Kromosom adalah struktur kromatin yang terlihat saat sel memasuki tahap pembelahan sel. Kromosom terdiri dari dua kromatid yang saling terhubung oleh sentromer.

Pos Terkait:  Bentuk Tes Apa yang Harus Dilakukan untuk Mengetahui Tingkat Kebugaran Seseorang

15. Vakuola

Vakuola adalah organel sel hewan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan zat-zat tertentu dalam sel. Vakuola terdiri dari membran vakuola dan cairan vakuola yang mengandung berbagai macam zat.

16. Peroksisom

Peroksisom adalah organel sel hewan yang berfungsi sebagai tempat penguraian molekul-molekul organik dan detoksifikasi. Peroksisom mengandung enzim peroksidase dan katalase yang dapat memecah berbagai macam molekul organik dan mereduksi radikal bebas.

17. Mikrobody

Mikrobody adalah organel sel hewan yang terdiri dari beberapa jenis seperti peroksisom, glioksisom, dan badan kloroplas. Mikrobody berfungsi sebagai tempat pengolahan dan penguraian molekul-molekul organik dalam sel.

18. Badan Kloroplas

Badan kloroplas adalah organel sel hewan yang terdapat di dalam sel tumbuhan dan berfungsi sebagai tempat fotosintesis. Badan kloroplas mengandung pigmen fotosintetik dan enzim-enzim yang terlibat dalam proses fotosintesis.

19. Badan Glioksisom

Badan glioksisom adalah organel sel hewan yang terdapat di dalam sel tumbuhan dan berfungsi sebagai tempat pembentukan asam amino dan lemak. Badan glioksisom juga berperan dalam pembentukan gula dari asam amino.

20. Kinetokor

Kinetokor adalah struktur khusus yang terdapat pada kromosom dan berfungsi sebagai tempat penempelan mikrotubulus selama pembelahan sel.

21. Sentromer

Sentromer adalah struktur khusus yang terdapat pada kromosom dan berfungsi sebagai tempat penghubung antara dua kromatid saat pembelahan sel.

22. Spindel Serabut

Spindel serabut adalah struktur mikrotubulus yang terbentuk selama pembelahan sel dan berfungsi sebagai jalan transportasi kromosom ke arah kutub sel.

23. Koriokarion

Koriokarion adalah membran inti selama pembelahan sel yang terbentuk dari retikulum endoplasma kasar dan berfungsi sebagai tempat pembelahan inti sel.

Pos Terkait:  Kamu Cari Konsep LDKS yang Menarik? Berikut 10 Contohnya

24. Nukleoplasma

Nukleoplasma adalah cairan yang terdapat di dalam inti sel dan berfungsi sebagai tempat reaksi kimia dalam inti sel.

25. Sitoskeleton

Sitoskeleton adalah jaringan serat yang terdapat di dalam sel hewan dan berfungsi sebagai kerangka sel serta mempertahankan bentuk sel. Sitoskeleton terdiri dari tiga jenis serat yaitu mikrotubulus, mikrofilamen, dan filamen antara.

26. Mikrotubulus Sentral

Mikrotubulus sentral adalah struktur mikrotubulus yang terdapat di dalam silia dan flagela serta berfungsi sebagai jalan transportasi dalam sel.

27. Silia

Silia adalah organel sel hewan yang berfungsi sebagai alat gerak sel. Silia terdiri dari mikrotubulus dan bergerak dengan cara bergoyang.

28. Flagela

Flagela adalah organel sel hewan yang berfungsi sebagai alat gerak sel. Flagela terdiri dari mikrotubulus dan bergerak dengan cara meliuk.

29. Desmosom

Desmosom adalah struktur yang terdapat pada membran sel yang berfungsi sebagai penghubung antara sel-sel yang saling berdekatan. Desmosom terdiri dari molekul protein seperti desmoglein dan desmokolino.

30. Hemidesmosom

Hemidesmosom adalah struktur yang terdapat pada membran sel yang berfungsi sebagai penghubung antara sel dan matriks ekstraseluler. Hemidesmosom terdiri dari molekul protein seperti integrin dan laminin.

Kesimpulan

Organel sel hewan memiliki peran penting dalam menjaga kelangsungan hidup sel dan tubuh hewan itu sendiri. Setiap organel sel hewan memiliki fungsi masing-masing dan saling bekerja sama untuk menjaga keseimbangan dalam tubuh hewan. Dengan mengetahui jenis dan fungsi organel sel hewan, kita dapat memahami lebih dalam tentang sel dan tubuh hewan secara keseluruhan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *