Nama Nama Dataran Rendah di Pulau Kalimantan

Posted on

Pulau Kalimantan memiliki banyak dataran rendah yang terdiri dari hutan hujan tropis yang sangat lebat. Dataran rendah ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dan menjadi tempat hidup bagi banyak spesies flora dan fauna.

1. Dataran Rendah Kapuas

Dataran Rendah Kapuas merupakan dataran rendah terbesar di Pulau Kalimantan yang terletak di wilayah Kalimantan Barat. Dataran ini memiliki luas sekitar 23.000 km persegi dan memiliki banyak sungai dan danau yang indah.

Di dataran rendah Kapuas terdapat beberapa kota besar seperti Pontianak, Sintang, dan Putussibau. Selain itu, dataran rendah Kapuas juga menjadi habitat bagi berbagai spesies flora dan fauna seperti orangutan, harimau, dan gajah.

2. Dataran Rendah Mahakam

Dataran Rendah Mahakam terletak di wilayah Kalimantan Timur dan memiliki luas sekitar 15.000 km persegi. Dataran ini terbentang dari daerah hulu sungai Mahakam hingga ke muara sungai.

Di dataran rendah Mahakam terdapat beberapa kota besar seperti Samarinda, Tenggarong, dan Balikpapan. Selain itu, dataran rendah Mahakam juga memiliki keindahan alam yang luar biasa seperti hutan mangrove, pantai, dan sungai yang indah.

3. Dataran Rendah Barito

Dataran Rendah Barito terletak di wilayah Kalimantan Tengah dan memiliki luas sekitar 21.000 km persegi. Dataran ini terdiri dari dataran rendah yang subur dan memiliki banyak sungai dan danau.

Di dataran rendah Barito terdapat beberapa kota besar seperti Palangkaraya, Muara Teweh, dan Kuala Kapuas. Selain itu, dataran rendah Barito juga menjadi habitat bagi berbagai spesies flora dan fauna seperti harimau, gajah, dan trenggiling.

4. Dataran Rendah Banjar

Dataran Rendah Banjar terletak di wilayah Kalimantan Selatan dan memiliki luas sekitar 18.000 km persegi. Dataran ini terdiri dari dataran rendah yang subur dan memiliki banyak sungai dan danau.

Di dataran rendah Banjar terdapat beberapa kota besar seperti Banjarmasin, Martapura, dan Barabai. Selain itu, dataran rendah Banjar juga memiliki keindahan alam yang luar biasa seperti hutan bakau, pantai, dan sungai yang indah.

Pos Terkait:  Arti Kata Fakta Adalah: Apa yang Perlu Anda Ketahui

5. Dataran Rendah Kutai

Dataran Rendah Kutai terletak di wilayah Kalimantan Timur dan memiliki luas sekitar 6.000 km persegi. Dataran ini terbentang dari daerah hulu sungai Mahakam hingga ke muara sungai.

Di dataran rendah Kutai terdapat beberapa kota besar seperti Kutai Kartanegara, Bontang, dan Sangatta. Selain itu, dataran rendah Kutai juga memiliki keindahan alam yang luar biasa seperti hutan bakau, pantai, dan sungai yang indah.

6. Dataran Rendah Berau

Dataran Rendah Berau terletak di wilayah Kalimantan Timur dan memiliki luas sekitar 6.000 km persegi. Dataran ini terbentang dari daerah hulu sungai Berau hingga ke muara sungai.

Di dataran rendah Berau terdapat beberapa kota besar seperti Tanjung Redeb, Tana Tidung, dan Biduk-Biduk. Selain itu, dataran rendah Berau juga memiliki keindahan alam yang luar biasa seperti hutan bakau, pantai, dan sungai yang indah.

7. Dataran Rendah Sangkulirang

Dataran Rendah Sangkulirang terletak di wilayah Kalimantan Timur dan memiliki luas sekitar 5.000 km persegi. Dataran ini terbentang dari daerah hulu sungai Sangkulirang hingga ke muara sungai.

Di dataran rendah Sangkulirang terdapat beberapa kota besar seperti Sangkulirang, Biatan, dan Telen. Selain itu, dataran rendah Sangkulirang juga memiliki keindahan alam yang luar biasa seperti hutan bakau, pantai, dan sungai yang indah.

8. Dataran Rendah Kotabaru

Dataran Rendah Kotabaru terletak di wilayah Kalimantan Selatan dan memiliki luas sekitar 3.000 km persegi. Dataran ini terdiri dari dataran rendah yang subur dan memiliki banyak sungai dan danau.

Di dataran rendah Kotabaru terdapat beberapa kota besar seperti Kotabaru, Pulau Laut, dan Tanjung. Selain itu, dataran rendah Kotabaru juga memiliki keindahan alam yang luar biasa seperti hutan bakau, pantai, dan sungai yang indah.

9. Dataran Rendah Tabalong

Dataran Rendah Tabalong terletak di wilayah Kalimantan Selatan dan memiliki luas sekitar 4.000 km persegi. Dataran ini terdiri dari dataran rendah yang subur dan memiliki banyak sungai dan danau.

Di dataran rendah Tabalong terdapat beberapa kota besar seperti Tanjung, Murung Raya, dan Bintang Ara. Selain itu, dataran rendah Tabalong juga memiliki keindahan alam yang luar biasa seperti hutan bakau, pantai, dan sungai yang indah.

10. Dataran Rendah Balangan

Dataran Rendah Balangan terletak di wilayah Kalimantan Selatan dan memiliki luas sekitar 2.000 km persegi. Dataran ini terdiri dari dataran rendah yang subur dan memiliki banyak sungai dan danau.

Pos Terkait:  Apa Saja Kendala Penyebaran Berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia?

Di dataran rendah Balangan terdapat beberapa kota besar seperti Balangan, Batulicin, dan Paringin. Selain itu, dataran rendah Balangan juga memiliki keindahan alam yang luar biasa seperti hutan bakau, pantai, dan sungai yang indah.

11. Dataran Rendah Kotawaringin

Dataran Rendah Kotawaringin terletak di wilayah Kalimantan Tengah dan memiliki luas sekitar 10.000 km persegi. Dataran ini terdiri dari dataran rendah yang subur dan memiliki banyak sungai dan danau.

Di dataran rendah Kotawaringin terdapat beberapa kota besar seperti Sampit, Kotawaringin Timur, dan Kuala Pembuang. Selain itu, dataran rendah Kotawaringin juga memiliki keindahan alam yang luar biasa seperti hutan bakau, pantai, dan sungai yang indah.

12. Dataran Rendah Tanah Bumbu

Dataran Rendah Tanah Bumbu terletak di wilayah Kalimantan Selatan dan memiliki luas sekitar 2.000 km persegi. Dataran ini terdiri dari dataran rendah yang subur dan memiliki banyak sungai dan danau.

Di dataran rendah Tanah Bumbu terdapat beberapa kota besar seperti Batulicin, Simpang Empat, dan Kintap. Selain itu, dataran rendah Tanah Bumbu juga memiliki keindahan alam yang luar biasa seperti hutan bakau, pantai, dan sungai yang indah.

13. Dataran Rendah Kotabangun

Dataran Rendah Kotabangun terletak di wilayah Kalimantan Timur dan memiliki luas sekitar 3.000 km persegi. Dataran ini terdiri dari dataran rendah yang subur dan memiliki banyak sungai dan danau.

Di dataran rendah Kotabangun terdapat beberapa kota besar seperti Kutai Barat, Muara Ancalong, dan Melak. Selain itu, dataran rendah Kotabangun juga memiliki keindahan alam yang luar biasa seperti hutan bakau, pantai, dan sungai yang indah.

14. Dataran Rendah Tabalong Utara

Dataran Rendah Tabalong Utara terletak di wilayah Kalimantan Selatan dan memiliki luas sekitar 2.000 km persegi. Dataran ini terdiri dari dataran rendah yang subur dan memiliki banyak sungai dan danau.

Di dataran rendah Tabalong Utara terdapat beberapa kota besar seperti Tabalong, Tanjung, dan Haruai. Selain itu, dataran rendah Tabalong Utara juga memiliki keindahan alam yang luar biasa seperti hutan bakau, pantai, dan sungai yang indah.

15. Dataran Rendah Malinau

Dataran Rendah Malinau terletak di wilayah Kalimantan Utara dan memiliki luas sekitar 6.000 km persegi. Dataran ini terdiri dari dataran rendah yang subur dan memiliki banyak sungai dan danau.

Pos Terkait:  10 Pekerjaan Yang Berhubungan dengan Musik Sebagai Referensi

Di dataran rendah Malinau terdapat beberapa kota besar seperti Malinau, Tanjung Selor, dan Tarakan. Selain itu, dataran rendah Malinau juga memiliki keindahan alam yang luar biasa seperti hutan bakau, pantai, dan sungai yang indah.

16. Dataran Rendah Nunukan

Dataran Rendah Nunukan terletak di wilayah Kalimantan Utara dan memiliki luas sekitar 3.000 km persegi. Dataran ini terdiri dari dataran rendah yang subur dan memiliki banyak sungai dan danau.

Di dataran rendah Nunukan terdapat beberapa kota besar seperti Nunukan, Sebatik, dan Tana Tidung. Selain itu, dataran rendah Nunukan juga memiliki keindahan alam yang luar biasa seperti hutan bakau, pantai, dan sungai yang indah.

17. Dataran Rendah Bulungan

Dataran Rendah Bulungan terletak di wilayah Kalimantan Utara dan memiliki luas sekitar 3.000 km persegi. Dataran ini terdiri dari dataran rendah yang subur dan memiliki banyak sungai dan danau.

Di dataran rendah Bulungan terdapat beberapa kota besar seperti Tanjung Selor, Tanjung Palas, dan Tanjung Redeb. Selain itu, dataran rendah Bulungan juga memiliki keindahan alam yang luar biasa seperti hutan bakau, pantai, dan sungai yang indah.

18. Dataran Rendah Sambas

Dataran Rendah Sambas terletak di wilayah Kalimantan Barat dan memiliki luas sekitar 7.000 km persegi. Dataran ini terdiri dari dataran rendah yang subur dan memiliki banyak sungai dan danau.

Di dataran rendah Sambas terdapat beberapa kota besar seperti Sambas, Bengkayang, dan Sanggau. Selain itu, dataran rendah Sambas juga memiliki keindahan alam yang luar biasa seperti hutan bakau, pantai, dan sungai yang indah.

19. Dataran Rendah Landak

Dataran Rendah Landak terletak di wilayah Kalimantan Barat dan memiliki luas sekitar 3.000 km persegi. Dataran ini terdiri dari dataran rendah yang subur dan memiliki banyak sungai dan danau.

Di dataran rendah Landak terdapat beberapa kota besar seperti Landak, Ngabang, dan Menyuke. Selain itu, dataran rendah Landak juga memiliki keindahan alam yang luar biasa seperti hutan bakau, pantai, dan sungai yang indah.

20. Dataran Rendah Bengkayang

Dataran Rendah Bengkayang terletak di wilayah Kalimantan Barat dan memiliki luas sekitar 2.000 km persegi. Dataran ini terdiri dari dataran rendah yang subur dan memiliki banyak sungai dan danau

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *