Listrik Statis: Pengertian, Fungsi, dan Bahaya

Posted on

Apakah kamu pernah merasa terkejut saat memegang gagang pintu atau menyentuh temanmu? Itu disebabkan oleh listrik statis. Listrik statis adalah jenis listrik yang terjadi ketika muatan listrik terakumulasi pada suatu benda, kemudian dilepaskan dalam bentuk kilatan atau kejutan saat benda tersebut terhubung dengan benda lain atau dengan tanah.

Pengertian Listrik Statis

Secara sederhana, listrik statis adalah jenis listrik yang terjadi karena muatan listrik yang terakumulasi pada suatu benda. Muatan listrik tersebut dapat terbentuk karena gesekan antara dua benda yang berbeda, seperti kain dengan plastik atau rambut dengan sisir. Ketika dua benda tersebut bersentuhan, muatan listrik yang terakumulasi pada salah satu benda akan dilepaskan dan menyebabkan kilatan atau kejutan.

Contoh sederhana dari listrik statis adalah saat kita menyentuh gagang pintu setelah menggosokkan kaki pada permadani. Kita akan merasakan kejutan karena muatan listrik yang terakumulasi pada tubuh kita dilepaskan saat tubuh kita bersentuhan dengan gagang pintu.

Fungsi Listrik Statis

Meskipun seringkali dianggap sebagai hal yang mengganggu, listrik statis sebenarnya memiliki beberapa fungsi yang bermanfaat. Beberapa di antaranya adalah:

  • Menjaga kestabilan elektronik pada perangkat elektronik seperti komputer dan telepon seluler
  • Menggunakan prinip kerja listrik statis pada beberapa mesin industri, seperti pembersih debu dan mesin pencetak
  • Memungkinkan proses cat elektrostatik pada industri otomotif
  • Menjaga kebersihan pada ruangan yang memiliki banyak debu, seperti ruangan bengkel dan laboratorium
Pos Terkait:  Mata Kuliah Teknik Otomotif: Menjadi Ahli di Bidang Otomotif

Bahaya Listrik Statis

Walaupun memiliki beberapa fungsi yang bermanfaat, listrik statis juga dapat menyebabkan beberapa bahaya, terutama pada lingkungan yang berpotensi menghasilkan percikan api atau ledakan. Beberapa bahaya listrik statis antara lain:

  • Menyebabkan kebakaran pada lingkungan yang mudah terbakar seperti bahan kimia dan gas
  • Menyebabkan ledakan pada lingkungan yang mudah terbakar seperti bahan kimia dan gas
  • Menyebabkan kerusakan pada perangkat elektronik seperti komputer dan telepon seluler
  • Menyebabkan kerusakan pada mesin industri yang menggunakan listrik statis sebagai bagian dari prinsip kerjanya

Cara Menghindari Bahaya Listrik Statis

Untuk menghindari bahaya listrik statis, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Menghindari gesekan antara dua benda yang berbeda, terutama pada lingkungan yang berpotensi menghasilkan percikan api atau ledakan
  • Menggunakan alat pelindung diri seperti sepatu anti-statis dan baju anti-statis pada lingkungan yang berpotensi menghasilkan percikan api atau ledakan
  • Menggunakan peralatan khusus pada industri yang menggunakan listrik statis sebagai bagian dari prinsip kerjanya, seperti grounding
  • Menghindari penggunaan perangkat elektronik yang berpotensi menghasilkan listrik statis pada ruangan yang mudah terbakar atau berbahaya

Penutup

Listrik statis adalah jenis listrik yang terjadi karena muatan listrik yang terakumulasi pada suatu benda. Listrik statis memiliki beberapa fungsi yang bermanfaat, seperti menjaga kestabilan elektronik pada perangkat elektronik dan memungkinkan proses cat elektrostatik pada industri otomotif. Namun, listrik statis juga dapat menyebabkan bahaya seperti kebakaran dan ledakan. Untuk menghindari bahaya listrik statis, perlu dilakukan tindakan pencegahan seperti menghindari gesekan antara dua benda yang berbeda dan menggunakan alat pelindung diri pada lingkungan yang berpotensi menghasilkan percikan api atau ledakan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *