Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati

Posted on

IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial adalah salah satu jurusan yang banyak diminati oleh para pelajar SMA. Seiring dengan perkembangan zaman, jurusan IPS pun semakin berkembang dan memiliki banyak cabang ilmu yang menarik. Sayangnya, tidak semua cabang ilmu di jurusan IPS diminati oleh calon mahasiswa. Berikut adalah beberapa jurusan kuliah IPS yang jarang diminati:

1. Sosiologi

Jurusan sosiologi mempelajari tentang perilaku sosial manusia dalam masyarakat. Namun, jurusan ini masih jarang diminati oleh calon mahasiswa. Salah satu alasan adalah karena kurangnya pemahaman tentang bidang ini. Padahal, sosiologi sangat penting dalam memahami dinamika sosial dan konflik yang terjadi dalam masyarakat.

2. Antropologi

Antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kebudayaan manusia dan perbedaan antara satu kebudayaan dengan kebudayaan lainnya. Jurusan ini juga jarang diminati oleh calon mahasiswa karena kurangnya pemahaman tentang bidang ini. Padahal, antropologi sangat penting dalam memahami keragaman budaya manusia di seluruh dunia.

3. Geografi

Jurusan geografi mempelajari tentang bumi dan segala fenomena yang terjadi di dalamnya, termasuk perubahan iklim dan lingkungan. Meskipun penting untuk memahami dampak perubahan iklim pada lingkungan hidup, jurusan ini masih kurang diminati oleh calon mahasiswa.

Pos Terkait:  Mengapa Softlens Tidak Dapat Menempel di Mata

4. Ekonomi Syariah

Ekonomi syariah adalah cabang ilmu ekonomi yang berlandaskan pada prinsip-prinsip Islam. Jurusan ini masih jarang diminati oleh calon mahasiswa karena kurangnya pemahaman tentang ekonomi syariah dan kurangnya informasi tentang peluang karir di bidang ini.

5. Ilmu Politik

Ilmu politik mempelajari tentang sistem politik, pemilihan umum, kepemimpinan, dan kebijakan publik. Jurusan ini masih jarang diminati oleh calon mahasiswa karena kurangnya pemahaman tentang bidang ini. Padahal, ilmu politik sangat penting dalam memahami dinamika politik di dunia dan memberikan kontribusi dalam pembuatan kebijakan publik.

6. Hubungan Internasional

Jurusan hubungan internasional mempelajari tentang hubungan antar negara, organisasi internasional, dan isu-isu global. Meskipun penting untuk memahami hubungan antar negara dan isu global, jurusan ini masih kurang diminati oleh calon mahasiswa.

7. Komunikasi

Jurusan komunikasi mempelajari tentang proses komunikasi, media, dan pengaruhnya terhadap masyarakat. Jurusan ini masih kurang diminati oleh calon mahasiswa karena kurangnya pemahaman tentang bidang ini dan minimnya informasi tentang peluang karir di bidang ini.

8. Sejarah

Sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang peristiwa dan perkembangan manusia di masa lalu. Jurusan ini masih jarang diminati oleh calon mahasiswa karena kurangnya minat terhadap sejarah dan kurangnya informasi tentang peluang karir di bidang ini.

Pos Terkait:  Sebutkan Contoh-Contoh dari Radikalisme

9. Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan kewarganegaraan adalah cabang ilmu pendidikan yang mempelajari tentang pemerintahan, hak asasi manusia, dan demokrasi. Jurusan ini masih jarang diminati oleh calon mahasiswa karena kurangnya pemahaman tentang bidang ini dan minimnya informasi tentang peluang karir di bidang ini.

10. Psikologi

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan proses mental manusia. Meskipun penting untuk memahami perilaku dan proses mental manusia, jurusan ini masih kurang diminati oleh calon mahasiswa.

Kesimpulan

Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati di atas sebenarnya sangat penting dan memiliki peluang karir yang baik di masa depan. Dalam memilih jurusan kuliah, sebaiknya calon mahasiswa mempertimbangkan minat dan bakat serta melihat peluang karir di bidang tersebut. Sebagai informasi tambahan, calon mahasiswa juga dapat melakukan riset dan berkonsultasi dengan para ahli atau profesional di bidang tersebut.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *