Jelaskan tentang Pengertian dari Poster Komersial

Posted on

Poster komersial adalah bentuk iklan yang berupa gambar atau tulisan yang ditampilkan di tempat-tempat umum, seperti jalan raya, stasiun, atau halte bus. Poster komersial bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu kepada masyarakat luas. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian dari poster komersial secara lebih mendalam.

Sejarah Poster Komersial

Sejarah poster komersial dapat dilacak sejak abad ke-19, ketika teknologi cetak offset pertama kali ditemukan. Teknologi ini memungkinkan pembuatan poster dengan cepat dan murah. Poster komersial pertama kali digunakan untuk mempromosikan acara-acara seni, seperti konser musik atau pameran lukisan. Namun, seiring dengan berkembangnya industri, poster komersial mulai digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu.

Jenis-Jenis Poster Komersial

Poster komersial dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan tujuannya. Beberapa jenis poster komersial yang populer antara lain:

1. Poster Promosi

Poster promosi digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu. Poster promosi biasanya menampilkan gambar produk atau jasa yang dipromosikan, serta informasi mengenai produk atau jasa tersebut.

Pos Terkait:  Arti Kata Kajian dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

2. Poster Informasi

Poster informasi digunakan untuk menyampaikan informasi tertentu kepada masyarakat. Poster informasi dapat digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai acara tertentu, seperti konser atau pameran seni, atau informasi mengenai layanan publik, seperti jadwal pelayanan kesehatan.

3. Poster Edukasi

Poster edukasi digunakan untuk memberikan edukasi atau pendidikan kepada masyarakat. Poster edukasi biasanya menampilkan gambar atau infografis yang menjelaskan suatu konsep atau informasi tertentu.

Karakteristik Poster Komersial yang Baik

Poster komersial yang baik harus memiliki beberapa karakteristik tertentu agar efektif dalam menarik perhatian masyarakat. Beberapa karakteristik poster komersial yang baik antara lain:

1. Eye-catching

Poster komersial harus memiliki desain yang menarik dan eye-catching agar dapat menarik perhatian masyarakat. Desain poster komersial yang baik harus dapat membuat masyarakat tertarik untuk membaca pesan yang ingin disampaikan.

2. Informatif

Poster komersial harus memiliki informasi yang jelas dan mudah dipahami oleh masyarakat. Informasi yang disampaikan dalam poster komersial harus singkat dan padat agar mudah diingat oleh masyarakat.

3. Memiliki Call-to-Action

Poster komersial harus memiliki call-to-action yang jelas agar masyarakat dapat melakukan tindakan sesuai dengan tujuan poster komersial tersebut. Call-to-action dapat berupa membeli produk atau jasa yang dipromosikan, mengunjungi website perusahaan, atau melakukan tindakan tertentu.

Pos Terkait:  Mata Kuliah Kimia: Mengapa Memilih Kimia sebagai Bidang Studi Anda

Contoh Poster Komersial

Berikut adalah beberapa contoh poster komersial yang dapat menginspirasi Anda dalam membuat poster komersial yang efektif:

1. Poster Promosi

Poster PromosiSource: bing.com

Contoh poster promosi di atas menampilkan gambar produk yang dipromosikan, yaitu sarapan sehat. Poster promosi ini memiliki desain yang menarik dan eye-catching, serta informasi yang jelas mengenai produk yang dipromosikan.

2. Poster Informasi

Poster InformasiSource: bing.com

Contoh poster informasi di atas menampilkan informasi mengenai acara konser musik. Poster informasi ini memiliki desain yang menarik dan eye-catching, serta informasi yang jelas mengenai waktu, tempat, dan harga tiket acara tersebut.

3. Poster Edukasi

Poster EdukasiSource: bing.com

Contoh poster edukasi di atas menampilkan informasi mengenai cara merawat kucing. Poster edukasi ini memiliki desain yang menarik dan eye-catching, serta informasi yang jelas dan mudah dipahami mengenai cara merawat kucing.

Kesimpulan

Poster komersial adalah bentuk iklan yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu kepada masyarakat luas. Poster komersial dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain poster promosi, poster informasi, dan poster edukasi. Poster komersial yang baik harus memiliki beberapa karakteristik tertentu, seperti eye-catching, informatif, dan memiliki call-to-action. Dalam membuat poster komersial, Anda dapat mengambil inspirasi dari contoh poster komersial yang telah ada.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *