Istri Dewa Wisnu Ada Berapa?

Posted on

Pengenalan

Dalam mitologi Hindu, Dewa Wisnu adalah salah satu dewa yang paling dipuja. Selain dikenal sebagai dewa pelindung dunia, Dewa Wisnu juga dikenal memiliki beberapa istri yang sangat cantik dan anggun. Tetapi, pertanyaannya adalah, istri Dewa Wisnu ada berapa?

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Pertanyaan tentang jumlah istri Dewa Wisnu seringkali diajukan oleh para penggemar mitologi Hindu. Hal ini wajar, mengingat Dewa Wisnu memiliki banyak istri yang memiliki keindahan dan sifat yang berbeda-beda.

Jawaban atas Pertanyaan

Jumlah istri Dewa Wisnu sebenarnya tergantung pada kitab suci yang digunakan sebagai referensi. Dalam kitab Srimad Bhagavatam, Dewa Wisnu memiliki empat istri utama, yaitu Sri Lakshmi, Bhumi Devi, Saraswati, dan Ganga.

Sri Lakshmi

Sri Lakshmi adalah istri utama Dewa Wisnu. Ia dikenal sebagai dewi kekayaan dan keberuntungan. Sri Lakshmi sering digambarkan dalam posisi duduk di atas teratai, dengan tangan kanannya menghadap ke bawah dan tangan kirinya menghadap ke atas.

Bhumi Devi

Bhumi Devi adalah dewi bumi dan juga merupakan istri Dewa Wisnu. Ia dikenal sebagai dewi kesuburan dan kemakmuran. Dalam gambar-gambar, Bhumi Devi sering digambarkan sebagai seorang wanita yang memegang bunga kamboja.

Pos Terkait:  Relief Daratan: Solusi Nyaman untuk Membuat Tubuh Anda Santai

Saraswati

Saraswati adalah dewi ilmu pengetahuan dan kesenian. Ia juga merupakan istri Dewa Wisnu. Saraswati sering digambarkan dalam posisi duduk di atas seekor angsa putih, dengan tangan kanannya memegang biola dan tangan kirinya memegang buku.

Ganga

Ganga adalah dewi sungai dan juga merupakan istri Dewa Wisnu. Ia dikenal sebagai dewi yang suci dan dapat memberikan keberkahan. Ganga sering digambarkan dalam bentuk seorang wanita yang memegang semangkuk air.

Penutup

Jadi, istri Dewa Wisnu ada empat, yaitu Sri Lakshmi, Bhumi Devi, Saraswati, dan Ganga. Setiap istri memiliki keunikan dan keindahan yang berbeda-beda. Dalam mitologi Hindu, Dewa Wisnu dan istri-istrinya sering dijadikan objek pemujaan dan penghormatan. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan Anda tentang istri Dewa Wisnu.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *