Gurun Arabia Terletak Dimana? Temukan Jawabannya di Sini!

Posted on

Gurun Arabia adalah salah satu gurun terbesar di dunia. Terletak di Asia Barat Daya, wilayah ini menyebar ke sepanjang 2.330 kilometer, melintasi enam negara: Yordania, Irak, Kuwait, Oman, Qatar, dan Arab Saudi. Namun, apakah Anda tahu persis di mana Gurun Arabia berada?

1. Letak Geografis Gurun Arabia

Gurun Arabia terletak di Asia Barat Daya, mencakup wilayah sekitar 2.330 kilometer di seluruh enam negara. Secara geografis, gurun ini terletak di antara 12° – 31° LU dan 34° – 56° BT.

2. Penyebaran Wilayah Gurun Arabia

Sebagian besar wilayah Gurun Arabia terletak di Arab Saudi, yang mencakup sekitar 80% dari total luas wilayah gurun. Sisanya tersebar di Oman, Kuwait, Yordania, Qatar, dan Irak. Meskipun tersebar di enam negara, Gurun Arabia secara umum dapat dibagi menjadi tiga wilayah utama: Gurun Rub’ al Khali, Gurun An-Nafud, dan Gurun An-Sham.

Pos Terkait:  Arti Kata Spontan dalam Bahasa Gaul

3. Gurun Rub’ al Khali

Gurun Rub’ al Khali adalah bagian terbesar dari Gurun Arabia, mencakup sekitar 650.000 kilometer persegi wilayah di Arab Saudi, Oman, Uni Emirat Arab, dan Yaman. Wilayah ini terkenal dengan pasirnya yang berwarna keemasan dan terdapat beberapa oasis di dalamnya. Gurun Rub’ al Khali juga dikenal sebagai ‘Gurun Kosong’ karena minimnya kehidupan di dalamnya.

4. Gurun An-Nafud

Gurun An-Nafud terletak di utara Arab Saudi, di sepanjang perbatasan dengan Yordania. Wilayah ini memiliki pasir yang berwarna coklat keabu-abuan, dan terkenal dengan adanya formasi batu pasir yang menarik. Meskipun terletak di daerah yang kering, Gurun An-Nafud memiliki beberapa oasis dan mata air.

5. Gurun An-Sham

Gurun An-Sham terletak di sebelah timur Laut Mati, di perbatasan antara Yordania dan Israel. Wilayah ini memiliki pasir yang berwarna merah tua dan terdapat beberapa oasis dan mata air. Gurun An-Sham juga terkenal dengan adanya beberapa situs arkeologi yang penting, seperti Petra dan Wadi Rum.

6. Iklim di Gurun Arabia

Gurun Arabia memiliki iklim yang kering dan panas sepanjang tahun. Suhu rata-rata di siang hari dapat mencapai 50°C, sedangkan suhu malam hari dapat turun hingga 0°C. Wilayah ini juga jarang mendapatkan hujan, dan ketika turun hujan, umumnya terjadi dalam jumlah yang sangat sedikit dan dalam waktu yang sangat singkat.

Pos Terkait:  Berat Peluru untuk Kelompok Putra: 5,26 kg atau 6 kg?

7. Vegetasi di Gurun Arabia

Gurun Arabia memiliki vegetasi yang sangat sedikit, karena wilayah ini sangat kering dan panas. Namun, di beberapa wilayah Gurun Rub’ al Khali, terdapat beberapa jenis tumbuhan yang bisa bertahan hidup dalam kondisi yang sangat sulit, seperti pohon acacia, pohon tamarind, dan semak belukar yang dapat beradaptasi dengan kondisi yang ekstrem.

8. Fauna di Gurun Arabia

Gurun Arabia memiliki keanekaragaman fauna yang relatif sedikit, karena kondisi yang sangat sulit untuk kehidupan. Namun, beberapa hewan dapat ditemukan di wilayah ini, seperti unta, kambing liar, dan beberapa jenis burung seperti burung merak dan burung unta. Di wilayah Gurun An-Nafud, terdapat beberapa jenis serangga, seperti laba-laba, kalajengking, dan semut.

9. Sejarah Gurun Arabia

Gurun Arabia memiliki sejarah yang kaya, dengan banyak situs arkeologi dan peninggalan sejarah yang penting. Wilayah ini memiliki peran penting dalam sejarah Islam, dan merupakan tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW. Selain itu, Gurun Arabia juga terkenal dengan adanya beberapa situs arkeologi penting, seperti kota Mada’in Saleh dan situs Batu Hira.

10. Pariwisata di Gurun Arabia

Gurun Arabia menawarkan pengalaman yang unik bagi para wisatawan yang menyukai petualangan. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di wilayah ini, seperti berkemah, hiking, dan menyaksikan matahari terbit atau terbenam. Selain itu, wilayah Gurun An-Sham juga terkenal dengan adanya situs arkeologi penting, seperti kota Petra dan Wadi Rum.

Pos Terkait:  Kenapa Harga Pulpen Parker Mahal?

11. Kesimpulan

Jadi, di mana Gurun Arabia berada? Gurun Arabia terletak di Asia Barat Daya, melintasi enam negara: Yordania, Irak, Kuwait, Oman, Qatar, dan Arab Saudi. Meskipun tersebar di enam negara, Gurun Arabia secara umum dapat dibagi menjadi tiga wilayah utama: Gurun Rub’ al Khali, Gurun An-Nafud, dan Gurun An-Sham. Wilayah ini memiliki iklim yang kering dan panas sepanjang tahun, dengan keanekaragaman fauna dan vegetasi yang relatif sedikit. Gurun Arabia juga memiliki sejarah yang kaya dan menawarkan pengalaman yang unik bagi para wisatawan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *