Contoh Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Tertutup: Apa Saja Perbedaannya?

Posted on

Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan di planet Bumi. Tumbuhan memiliki berbagai jenis dan bentuk, salah satunya adalah tumbuhan berbiji. Ada dua jenis tumbuhan berbiji yaitu tumbuhan berbiji terbuka dan tertutup. Kedua jenis tumbuhan ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Nah, pada artikel ini kita akan membahas contoh tumbuhan berbiji terbuka dan tertutup. Yuk, simak penjelasannya!

Tumbuhan Berbiji Terbuka

Tumbuhan berbiji terbuka atau disebut juga dengan tumbuhan gymnospermae merupakan jenis tumbuhan berbiji yang bijinya terbuka dan tidak dilindungi oleh buah. Contohnya adalah pinus, cemara, dan kelapa sawit. Bijinya tidak dilindungi oleh buah sehingga mudah terlihat di permukaan tanah atau terbawa oleh angin. Tumbuhan berbiji terbuka memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Biji terbuka
  • Memiliki daun berbentuk jarum
  • Batang dan cabangnya bercabang dua
  • Tidak memiliki bunga sejati
  • Berusia ratusan bahkan ribuan tahun
  • Memiliki daun yang berbentuk seperti sisir

Tumbuhan berbiji terbuka memiliki peran yang sangat penting bagi ekosistem. Tumbuhan ini mampu menyerap air dan nutrisi dari tanah, menghasilkan oksigen, serta menjadi tempat tinggal bagi berbagai jenis satwa liar.

Pos Terkait:  Arti Kata Day: Hari Penting untuk Meningkatkan Kosa Kata Kita

Tumbuhan Berbiji Tertutup

Tumbuhan berbiji tertutup atau disebut juga dengan tumbuhan angiospermae merupakan jenis tumbuhan berbiji yang bijinya dilindungi oleh buah. Contohnya adalah mangga, jeruk, dan apel. Bijinya dilindungi oleh buah sehingga tidak mudah terlihat di permukaan tanah atau terbawa oleh angin. Tumbuhan berbiji tertutup memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Biji tertutup oleh buah
  • Memiliki daun berbentuk beragam
  • Batang dan cabangnya bercabang banyak
  • Memiliki bunga sejati
  • Umumnya berusia pendek
  • Memiliki daun yang berbentuk bulat atau oval

Tumbuhan berbiji tertutup juga memiliki peran yang sangat penting bagi ekosistem. Tumbuhan ini mampu menyerap air dan nutrisi dari tanah, menghasilkan oksigen, serta menjadi sumber makanan bagi manusia dan hewan.

Perbedaan Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Tertutup

Tumbuhan berbiji terbuka dan tertutup memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Perbedaan tersebut antara lain:

  1. Biji
  2. Tumbuhan berbiji terbuka memiliki biji yang terbuka, sedangkan tumbuhan berbiji tertutup memiliki biji yang tertutup oleh buah.

  3. Bunga
  4. Tumbuhan berbiji terbuka tidak memiliki bunga sejati, sedangkan tumbuhan berbiji tertutup memiliki bunga sejati.

  5. Cabang
  6. Tumbuhan berbiji terbuka memiliki cabang yang bercabang dua, sedangkan tumbuhan berbiji tertutup memiliki cabang yang bercabang banyak.

  7. Umur
  8. Tumbuhan berbiji terbuka umumnya berusia ratusan bahkan ribuan tahun, sedangkan tumbuhan berbiji tertutup umumnya berusia pendek.

  9. Bentuk Daun
  10. Tumbuhan berbiji terbuka memiliki daun berbentuk jarum atau seperti sisir, sedangkan tumbuhan berbiji tertutup memiliki daun berbentuk beragam seperti bulat atau oval.

Pos Terkait:  Apa yang Dimaksud dengan Adik Simba?

Kesimpulan

Tumbuhan berbiji terbuka dan tertutup merupakan jenis tumbuhan yang memiliki perbedaan yang cukup mencolok terutama pada biji, bunga, cabang, umur, dan bentuk daun. Tumbuhan berbiji terbuka memiliki biji yang terbuka, tidak memiliki bunga sejati, cabang yang bercabang dua, umumnya berusia ratusan bahkan ribuan tahun, dan memiliki daun berbentuk jarum atau seperti sisir. Sedangkan tumbuhan berbiji tertutup memiliki biji yang tertutup oleh buah, memiliki bunga sejati, cabang yang bercabang banyak, umumnya berusia pendek, dan memiliki daun berbentuk beragam seperti bulat atau oval. Kedua jenis tumbuhan ini memiliki peran yang sangat penting bagi ekosistem. Oleh karena itu, kita harus menjaga kelestarian tumbuhan agar dapat terus memberikan manfaat bagi kehidupan di Bumi.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *