Contoh Narrative Text: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Posted on

Apakah kamu sedang belajar bahasa Inggris dan pernah mendengar istilah narrative text? Narrative text merupakan salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris yang menceritakan suatu cerita. Jenis teks ini sering dipelajari di sekolah sebagai bagian dari pembelajaran bahasa Inggris. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian, jenis, dan contoh narrative text.

Pengertian Narrative Text

Narrative text adalah jenis teks dalam bahasa Inggris yang menceritakan suatu cerita atau pengalaman. Tujuan dari narrative text adalah untuk menghibur pembaca atau pendengar dan memberikan pesan moral. Cerita dalam narrative text dapat bersifat fiksi atau non-fiksi. Fiksi berarti cerita yang dibuat-buat atau tidak benar-benar terjadi, sedangkan non-fiksi berarti cerita yang benar-benar terjadi.

Jenis Narrative Text

Ada beberapa jenis narrative text, yaitu:

1. Fairy Tale

Fairy tale atau cerita dongeng adalah jenis narrative text yang mengandung unsur-unsur magis atau fantasi. Contoh cerita dongeng yang terkenal adalah Cinderella, Snow White, dan Sleeping Beauty.

Pos Terkait:  Jelaskan Cara Memainkan Alat Musik Recorder

2. Legend

Legend adalah jenis narrative text yang menceritakan tentang tokoh atau peristiwa yang memiliki nilai sejarah atau budaya. Contoh legenda yang terkenal adalah legenda Roro Jonggrang, Malin Kundang, dan Sangkuriang.

3. Myth

Myth adalah jenis narrative text yang mengandung unsur-unsur mitos atau kepercayaan tertentu. Contoh cerita mitos yang terkenal adalah cerita tentang dewa-dewi Yunani, seperti Zeus, Apollo, dan Athena.

4. Fable

Fable adalah jenis narrative text yang mengandung pesan moral atau ajaran. Cerita dalam fable biasanya menggunakan hewan sebagai tokoh utama. Contoh cerita fabel yang terkenal adalah The Tortoise and The Hare, The Boy Who Cried Wolf, dan The Ant and The Grasshopper.

Contoh Narrative Text

Contoh Narrative Text Fiksi: The Lion and The Mouse

Pada suatu hari, seekor tikus sedang berlari-lari di hutan. Tiba-tiba, dia tersandung dan jatuh ke dalam lubang yang dalam. Tikus itu berusaha keluar, tapi dia tidak bisa. Sementara itu, seekor singa sedang berjalan-jalan dan mendengar suara tikus yang menangis. Singa itu mendekati lubang dan melihat tikus yang terjebak di dalamnya.

“Jangan khawatir, tikus kecil. Aku akan membantumu keluar dari lubang ini,” kata singa itu.

Singa itu mencoba menarik tikus keluar dari lubang, tapi dia tidak bisa. Akhirnya, singa itu memutuskan untuk pergi mencari bantuan. Beberapa saat kemudian, dia kembali dengan seekor gajah.

Pos Terkait:  Arti Kata Pujaan: Mengenal Makna di Balik Kata-Kata

Gajah itu menggunakan belalainya untuk mengeluarkan tikus dari lubang. Tikus itu sangat berterima kasih kepada singa dan gajah.

Beberapa bulan kemudian, singa itu terperangkap dalam jerat pemburu. Dia berteriak-teriak meminta tolong, tapi tidak ada yang mendengar. Tiba-tiba, datanglah tikus kecil itu. Tikus itu memotong jerat dengan giginya yang tajam dan singa itu berhasil keluar dari perangkap.

“Terima kasih, tikus kecil. Aku tidak akan pernah melupakan bantuanmu,” kata singa itu.

Moral of the story: Besar atau kecil, semua makhluk hidup saling membutuhkan.

Contoh Narrative Text Non-Fiksi: My Trip to Bali

Pada bulan Juli tahun lalu, saya pergi ke Bali bersama keluarga saya. Kami menginap di sebuah villa yang indah di daerah Seminyak. Selama di Bali, kami mengunjungi beberapa tempat wisata, seperti Pantai Kuta, Tanah Lot, dan Ubud.

Di Pantai Kuta, kami menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah sambil menikmati minuman segar. Di Tanah Lot, kami mengunjungi pura yang terletak di atas sebuah batu besar di tengah laut. Dan di Ubud, kami mengunjungi Monkey Forest dan melihat banyak monyet liar yang bermain di sana.

Selain itu, kami juga mencoba berbagai makanan khas Bali, seperti nasi campur, bebek betutu, dan sate lilit. Semua makanan itu sangat lezat dan membuat kami ingin mencobanya lagi.

Pos Terkait:  Apakah Pengertian Restart dalam Komputer?

Selama di Bali, kami juga membeli beberapa oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kami membeli kain tenun, kerajinan tangan, dan kopi luwak. Semua barang itu sangat unik dan menjadi kenangan yang indah dari perjalanan kami ke Bali.

Sekembalinya ke rumah, kami merasa sangat puas dengan perjalanan kami ke Bali. Kami merasa bahwa kami telah menikmati keindahan alam dan budaya Bali yang sangat kaya dan beragam.

Kesimpulan

Narrative text adalah jenis teks dalam bahasa Inggris yang menceritakan suatu cerita atau pengalaman. Ada beberapa jenis narrative text, yaitu fairy tale, legend, myth, dan fable. Contoh narrative text dapat berupa cerita fiksi atau non-fiksi. Dalam pembelajaran bahasa Inggris, narrative text memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *