Bentuk Molekul Senyawa PCl5 Adalah

Posted on

Jika Anda tertarik dengan kimia, pasti sudah tidak asing lagi dengan senyawa PCl5. Senyawa ini termasuk senyawa anorganik yang terdiri dari atom fosfor dan klorin. Namun, bagaimana bentuk molekul senyawa PCl5? Mari kita bahas lebih lanjut.

Struktur Molekul PCl5

Sebelum membahas bentuk molekul PCl5, kita perlu memahami struktur molekul dari senyawa ini terlebih dahulu. PCl5 memiliki lima atom klorin yang mengelilingi satu atom fosfor di tengah. Struktur molekul senyawa PCl5 dapat dijelaskan dengan teori repulsion elektron pasangan valensi (VSEPR).

Menurut teori VSEPR, elektron pasangan valensi akan saling tolak menolak dalam upaya untuk mencapai jarak yang optimal antara elektron. Oleh karena itu, molekul PCl5 memiliki bentuk oktahedral, di mana atom fosfor berada di tengah dan kelima atom klorin berada di sekelilingnya dengan sudut ikatan sebesar 90 derajat.

Pengaruh Ikatan Kovalen Ganda

Namun, struktur molekul PCl5 sebenarnya sedikit lebih kompleks daripada yang dijelaskan oleh teori VSEPR. Hal ini karena ikatan kovalen ganda yang terbentuk antara atom fosfor dan salah satu atom klorin.

Pos Terkait:  10 Alasan Memilih Sekolah Islam Terpadu

Ikatan kovalen ganda ini menyebabkan salah satu pasangan elektron pada atom fosfor dipakai untuk membentuk ikatan kovalen dengan atom klorin. Hal ini mengakibatkan sudut ikatan antara atom fosfor dan atom klorin yang terlibat dalam ikatan kovalen ganda menjadi lebih kecil dari 90 derajat.

Bentuk Molekul PCl5 Sebenarnya

Berdasarkan hasil penelitian, bentuk molekul sebenarnya dari PCl5 adalah trigonal bipyramidal. Ini berarti bahwa atom fosfor berada di tengah, sedangkan kelima atom klorin membentuk dua bidang, yaitu bidang ekwator dan bidang kutub.

Bidang ekwator terdiri dari tiga atom klorin yang membentuk bentuk segitiga, sedangkan bidang kutub terdiri dari dua atom klorin yang berada di atas dan di bawah bidang ekwator. Sudut ikatan antara atom fosfor dan atom klorin di bidang ekwator adalah sebesar 120 derajat, sedangkan sudut ikatan antara atom fosfor dan atom klorin di bidang kutub adalah sebesar 90 derajat.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, bentuk molekul senyawa PCl5 adalah trigonal bipyramidal, di mana atom fosfor berada di tengah dan kelima atom klorin membentuk dua bidang, yaitu bidang ekwator dan bidang kutub. Sudut ikatan antara atom fosfor dan atom klorin di bidang ekwator adalah sebesar 120 derajat, sedangkan sudut ikatan antara atom fosfor dan atom klorin di bidang kutub adalah sebesar 90 derajat. Meskipun bentuk molekul PCl5 sedikit lebih kompleks daripada yang dijelaskan oleh teori VSEPR, namun teori ini tetap berguna dalam menjelaskan struktur molekul dari senyawa anorganik lainnya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *