Bagaimana Sikap yang Baik Jika Guru Sedang Menjelaskan

Posted on

Banyak di antara kita yang mungkin pernah merasa bosan atau tidak tertarik ketika guru sedang menjelaskan di kelas. Padahal, sebagai siswa, kita seharusnya memberikan perhatian yang baik kepada guru agar dapat memahami pelajaran dengan lebih baik.

Untuk itu, diperlukan sikap yang baik dari siswa ketika guru sedang menjelaskan. Berikut adalah beberapa sikap yang dapat kita lakukan agar dapat memperoleh ilmu dengan lebih baik:

1. Dengarkan Dengan Seksama

Saat guru sedang menjelaskan, pastikan kita mengalihkan seluruh perhatian kita pada guru dan menghindari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi. Dengarkan dengan seksama setiap kata yang diucapkan guru agar dapat memahami pelajaran dengan lebih baik.

2. Jangan Menimbulkan Suara Berisik

Jangan mengganggu teman sekelas dengan suara berisik ketika guru sedang menjelaskan. Hal ini dapat membuat teman sekelas menjadi tidak nyaman dan mengganggu konsentrasi mereka dalam memahami pelajaran.

3. Tanyakan Jika Tidak Mengerti

Apabila ada bagian dari penjelasan guru yang tidak dimengerti, jangan ragu untuk bertanya. Guru akan senang jika siswa berani bertanya karena menunjukkan bahwa siswa benar-benar tertarik dalam memahami pelajaran.

Pos Terkait:  Berikut Ini yang BUKAN Gejala Listrik Statis Adalah: Balon

4. Ajukan Pertanyaan

Berikan pertanyaan yang berkaitan dengan pelajaran yang sedang dijelaskan. Kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik dengan mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban dari guru.

5. Jangan Mengantuk

Menjaga kebugaran tubuh sangat penting agar dapat memahami pelajaran dengan baik. Jangan tidur atau merem ketika guru sedang menjelaskan karena dapat mengganggu konsentrasi dan mengurangi pemahaman kita terhadap pelajaran.

6. Jangan Mengabaikan Guru

Jangan mengabaikan guru ketika sedang menjelaskan. Memberikan perhatian yang baik kepada guru dapat membuat guru senang dan memberikan semangat dalam memberikan pelajaran.

7. Berikan Perhatian Pada Pelajaran

Memberikan perhatian pada pelajaran sangat penting agar dapat memahami pelajaran dengan baik. Jangan memikirkan hal-hal lain atau melakukan aktivitas lain ketika guru sedang menjelaskan.

8. Jangan Berbicara Dengan Teman Sekelas

Jangan berbicara dengan teman sekelas ketika guru sedang menjelaskan. Hal ini dapat mengganggu konsentrasi guru dan teman sekelas yang lain dalam memahami pelajaran.

9. Ikuti Instruksi Guru

Ikuti instruksi guru dengan baik. Guru akan memberikan instruksi yang berguna untuk memahami pelajaran dengan lebih baik. Oleh karena itu, kita harus mengikuti instruksi guru dengan baik.

10. Berpikir Positif

Berpikir positif sangat penting dalam memahami pelajaran dengan baik. Jangan merasa bosan atau tidak tertarik ketika guru sedang menjelaskan. Cobalah untuk berpikir positif dan mencoba memahami pelajaran dengan lebih baik.

11. Jangan Mengganggu Guru

Jangan mengganggu guru ketika sedang menjelaskan. Hal ini dapat membuat guru kesal dan membuat pelajaran menjadi tidak menyenangkan.

12. Jangan Mengganggu Teman Sekelas

Jangan mengganggu teman sekelas ketika guru sedang menjelaskan. Hal ini dapat membuat teman sekelas menjadi tidak nyaman dan mengganggu konsentrasi mereka dalam memahami pelajaran.

Pos Terkait:  Buatlah Cerita dalam 3 Paragraf

13. Jangan Menyontek

Jangan menyontek saat ujian atau tugas. Menyontek akan membuat kita tidak memahami pelajaran dengan baik dan dapat merugikan diri kita sendiri di masa depan.

14. Jangan Menghina Guru

Jangan menghina atau meremehkan guru. Guru adalah orang yang berpengalaman dan memberikan ilmu pengetahuan yang berguna untuk masa depan kita.

15. Bersikap Hormat Kepada Guru

Bersikap hormat kepada guru sangat penting. Guru adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan yang berguna untuk masa depan kita.

16. Jangan Membaca Buku Lain

Jangan membaca buku lain ketika guru sedang menjelaskan. Hal ini dapat membuat kita tidak memahami pelajaran dengan baik dan sulit untuk mengikuti pelajaran.

17. Jangan Bermain Gadget

Jangan bermain gadget ketika guru sedang menjelaskan. Hal ini dapat mengganggu konsentrasi dan membuat kita tidak memahami pelajaran dengan baik.

18. Tingkatkan Kemampuan Membaca

Tingkatkan kemampuan membaca agar dapat memahami pelajaran dengan lebih baik. Membaca dapat membantu kita memperoleh informasi yang berguna dan meningkatkan pemahaman kita terhadap pelajaran.

19. Tingkatkan Kemampuan Menulis

Tingkatkan kemampuan menulis agar dapat mengekspresikan ide dan pemikiran dengan baik. Menulis dapat membantu kita menyampaikan informasi dengan lebih baik dan meningkatkan pemahaman kita terhadap pelajaran.

20. Gunakan Referensi Lain

Gunakan referensi lain untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap dan mendalam terkait pelajaran yang sedang dijelaskan.

21. Jangan Mengganggu Teman Sejawat

Jangan mengganggu teman sejawat ketika guru sedang menjelaskan. Hal ini dapat membuat teman sejawat menjadi tidak nyaman dan mengganggu konsentrasi mereka dalam memahami pelajaran.

22. Jangan Mengganggu Orang Lain

Jangan mengganggu orang lain ketika guru sedang menjelaskan. Hal ini dapat membuat orang lain menjadi tidak nyaman dan mengganggu konsentrasi mereka dalam memahami pelajaran.

Pos Terkait:  Apa yang Membedakan Stilasi dan Deformasi pada Ragam Hias

23. Jangan Mengeluh

Jangan mengeluh ketika guru sedang menjelaskan. Cobalah untuk bersabar dan mencoba memahami pelajaran dengan lebih baik.

24. Jangan Menyela Guru

Jangan menyela guru ketika sedang menjelaskan. Tunggu hingga guru selesai menjelaskan dan kemudian bertanya jika ada yang tidak dimengerti.

25. Jangan Mencoret-coret Buku

Jangan mencoret-coret buku ketika guru sedang menjelaskan. Hal ini dapat mengganggu konsentrasi kita dalam memahami pelajaran.

26. Jangan Membuat Keributan

Jangan membuat keributan ketika guru sedang menjelaskan. Hal ini dapat membuat guru kesal dan membuat pelajaran menjadi tidak menyenangkan.

27. Jangan Tergesa-gesa

Jangan tergesa-gesa dalam memahami pelajaran. Cobalah untuk membaca dan memahami setiap bagian dari pelajaran dengan baik.

28. Jangan Menutup Telinga

Jangan menutup telinga ketika guru sedang menjelaskan. Hal ini dapat membuat kita tidak memahami pelajaran dengan baik dan sulit untuk mengikuti pelajaran.

29. Berikan Apresiasi Kepada Guru

Berikan apresiasi kepada guru ketika selesai menjelaskan. Hal ini dapat membuat guru senang dan memberikan semangat dalam memberikan pelajaran.

30. Belajar dengan Serius

Belajar dengan serius sangat penting untuk memahami pelajaran dengan baik. Jangan menganggap remeh pelajaran karena dapat mempengaruhi masa depan kita.

Kesimpulan

Sikap yang baik ketika guru sedang menjelaskan sangat penting untuk memperoleh ilmu dengan lebih baik. Dengarkan dengan seksama, jangan mengganggu guru atau teman sekelas, bertanya jika tidak mengerti, dan belajar dengan serius adalah beberapa sikap yang dapat kita lakukan. Dengan sikap yang baik, kita dapat memahami pelajaran dengan lebih baik dan memperoleh ilmu pengetahuan yang berguna untuk masa depan kita.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *