Arti Kata Sosial Menurut KBBI Adalah

Posted on

Sosial adalah kata yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Sosial bisa diartikan sebagai hubungan antarindividu atau kelompok dalam masyarakat. Menurut KBBI, sosial diartikan sebagai berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat.

Definisi Sosial Menurut KBBI

Sosial merupakan kata sifat yang berasal dari bahasa Inggris yaitu social. Menurut KBBI, sosial diartikan sebagai berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat. Artinya, sosial berkaitan dengan segala hal yang ada di dalam masyarakat. Mulai dari hubungan antarindividu, kebiasaan, adat istiadat, hingga nilai-nilai yang berlaku di dalam masyarakat.

Manfaat Sosial di Dalam Masyarakat

Sosial memiliki peran yang sangat penting di dalam masyarakat. Berikut adalah beberapa manfaat sosial yang bisa dirasakan di dalam masyarakat:

1. Meningkatkan Keharmonisan di Dalam Masyarakat

Dengan adanya hubungan sosial yang baik antarindividu atau kelompok dalam masyarakat, maka akan tercipta keharmonisan di dalam masyarakat. Hal ini bisa meminimalisir terjadinya konflik dan perselisihan yang bisa merugikan masyarakat secara keseluruhan.

2. Meningkatkan Kesejahteraan di Dalam Masyarakat

Dengan adanya kerjasama dan saling membantu antarindividu atau kelompok dalam masyarakat, maka kesejahteraan di dalam masyarakat bisa meningkat. Hal ini bisa terlihat dari adanya program-program bantuan sosial yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

Pos Terkait:  Gelombang Elektromagnetik: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

3. Meningkatkan Kualitas Hidup di Dalam Masyarakat

Dengan adanya hubungan sosial yang baik antarindividu atau kelompok dalam masyarakat, maka kualitas hidup di dalam masyarakat bisa meningkat. Hal ini bisa terlihat dari adanya kebiasaan yang positif di dalam masyarakat seperti gotong royong dan kepedulian terhadap sesama.

Jenis-jenis Hubungan Sosial

Hubungan sosial bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenis hubungan sosial:

1. Hubungan Sosial Personal

Hubungan sosial personal adalah hubungan yang terjalin antara dua individu atau lebih yang memiliki kedekatan emosional. Biasanya hubungan sosial personal terjalin antara individu yang memiliki kesamaan minat atau kesamaan tempat tinggal.

2. Hubungan Sosial Fungsional

Hubungan sosial fungsional adalah hubungan yang terjalin karena adanya kepentingan yang sama. Biasanya hubungan sosial fungsional terjalin di dalam suatu organisasi atau lembaga.

3. Hubungan Sosial Struktural

Hubungan sosial struktural adalah hubungan yang terjalin karena adanya perbedaan status sosial antarindividu atau kelompok. Biasanya hubungan sosial struktural terjalin di dalam masyarakat yang memiliki struktur sosial yang kompleks.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sosial adalah berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat. Sosial memiliki peran yang sangat penting di dalam masyarakat, seperti meningkatkan keharmonisan, kesejahteraan, dan kualitas hidup di dalam masyarakat. Hubungan sosial bisa dibedakan menjadi beberapa jenis seperti hubungan sosial personal, fungsional, dan struktural.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *