Aplikasi E-Raport: Solusi Praktis dan Efektif Untuk Pelaporan Nilai Siswa

Posted on

Aplikasi E-Raport adalah solusi canggih untuk pelaporan nilai siswa yang diimplementasikan di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan guru dalam membuat laporan nilai siswa secara elektronik dan efektif. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang aplikasi E-Raport, termasuk manfaat, fitur, dan cara penggunaannya.

Manfaat Aplikasi E-Raport

Manfaat utama dari aplikasi E-Raport adalah efektivitas dan efisiensi dalam pelaporan nilai siswa. Dalam sistem manual, guru harus menulis laporan nilai siswa satu per satu, yang membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak. Dengan E-Raport, guru dapat membuat laporan nilai siswa secara elektronik dengan mudah dan cepat. Selain itu, aplikasi E-Raport juga memudahkan proses pengecekan nilai siswa oleh orang tua dan siswa sendiri melalui portal yang tersedia.

Manfaat lain dari aplikasi E-Raport adalah akurasi dan konsistensi dalam pelaporan nilai siswa. Dalam sistem manual, kesalahan penulisan atau perhitungan bisa terjadi, yang dapat mempengaruhi nilai siswa. Dalam E-Raport, kesalahan penulisan atau perhitungan dapat diminimalisir, sehingga laporan nilai siswa menjadi lebih akurat dan konsisten.

Pos Terkait:  Arti Kata Suku Dayak Adalah

Fitur Aplikasi E-Raport

Aplikasi E-Raport memiliki beberapa fitur yang memudahkan guru dalam membuat laporan nilai siswa. Beberapa fitur tersebut antara lain:

1. Dashboard

Dashboard adalah fitur utama dalam aplikasi E-Raport, yang memudahkan guru dalam melihat keseluruhan laporan nilai siswa. Dalam dashboard, guru dapat melihat nilai siswa secara keseluruhan, serta melakukan filter untuk melihat laporan nilai siswa per kelas atau per mata pelajaran.

2. Input Nilai Siswa

Fitur input nilai siswa memudahkan guru dalam memasukkan nilai siswa ke dalam sistem. Dalam fitur ini, guru dapat memasukkan nilai siswa satu per satu atau secara kolektif.

3. Rekapitulasi Nilai Siswa

Fitur rekapitulasi nilai siswa memudahkan guru dalam melihat nilai siswa secara keseluruhan. Dalam fitur ini, guru dapat melihat nilai siswa per kelas atau per mata pelajaran, serta melihat rata-rata nilai siswa.

4. Portal Orang Tua dan Siswa

Aplikasi E-Raport juga dilengkapi dengan portal orang tua dan siswa, yang memudahkan mereka dalam melihat laporan nilai siswa. Dalam portal ini, orang tua dan siswa dapat melihat nilai siswa secara online, serta melakukan filter untuk melihat laporan nilai siswa per kelas atau per mata pelajaran.

Pos Terkait:  Apa itu Match Point dan Game Point

Cara Menggunakan Aplikasi E-Raport

Untuk menggunakan aplikasi E-Raport, guru harus mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Daftar Akun

Guru harus mendaftar akun terlebih dahulu untuk dapat menggunakan aplikasi E-Raport. Untuk mendaftar akun, guru harus mengisi formulir pendaftaran yang tersedia pada website aplikasi E-Raport.

2. Input Data Siswa

Setelah mendaftar akun, guru harus memasukkan data siswa ke dalam sistem. Dalam fitur input data siswa, guru harus mengisi data siswa seperti nama, nomor induk siswa, dan kelas.

3. Input Nilai Siswa

Setelah memasukkan data siswa ke dalam sistem, guru dapat memasukkan nilai siswa ke dalam sistem. Dalam fitur input nilai siswa, guru harus memasukkan nilai siswa satu per satu atau secara kolektif.

4. Cetak Laporan Nilai Siswa

Setelah memasukkan nilai siswa ke dalam sistem, guru dapat mencetak laporan nilai siswa. Dalam fitur cetak laporan nilai siswa, guru dapat memilih format laporan yang diinginkan, seperti format PDF atau Excel.

Kesimpulan

Aplikasi E-Raport adalah solusi praktis dan efektif untuk pelaporan nilai siswa. Dalam aplikasi ini, guru dapat membuat laporan nilai siswa secara elektronik dengan mudah dan cepat. Selain itu, aplikasi E-Raport juga memudahkan proses pengecekan nilai siswa oleh orang tua dan siswa sendiri melalui portal yang tersedia. Dalam penggunaannya, guru harus mengikuti beberapa langkah seperti mendaftar akun, memasukkan data siswa, memasukkan nilai siswa, dan mencetak laporan nilai siswa. Dengan menggunakan aplikasi E-Raport, proses pelaporan nilai siswa menjadi lebih efektif, efisien, dan akurat.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *