Apakah Gangster dan Mafia Itu Sama?

Posted on

Seiring dengan perkembangan zaman, dunia kriminalitas semakin marak. Terdapat beragam jenis tindakan kriminalitas yang dilakukan oleh pelaku-pelaku kejahatan. Di antara jenis kriminalitas yang paling sering terdengar adalah gangster dan mafia. Namun, apakah gangster dan mafia itu sama? Mari kita bahas lebih lanjut.

Pengertian Gangster

Gangster adalah sebutan untuk orang yang terlibat dalam dunia kriminalitas. Mereka seringkali melakukan tindakan kejahatan seperti perampokan, pemerasan, penipuan, dan sebagainya. Gangster biasanya beroperasi secara individual atau dalam kelompok kecil.

Gangster juga seringkali terlibat dalam perang antar-geng, yang mengakibatkan banyak korban jiwa. Mereka juga sering menggunakan kekerasan dan ancaman untuk mencapai tujuan mereka. Gangster biasanya memiliki hubungan yang terbatas dengan dunia kriminalitas internasional.

Pengertian Mafia

Mafia adalah sebuah organisasi kejahatan yang terorganisir dengan baik. Mereka memiliki struktur hierarki yang ketat dan sistem yang kompleks. Mafia biasanya terlibat dalam berbagai jenis kegiatan ilegal seperti perjudian, prostitusi, perdagangan narkoba, dan sebagainya.

Mafia biasanya beroperasi secara internasional dan memiliki jaringan yang luas di seluruh dunia. Mereka juga seringkali terlibat dalam perdagangan senjata dan melakukan tindakan kekerasan seperti penembakan dan pembunuhan. Mafia biasanya memiliki pengaruh yang besar dalam dunia politik dan bisnis.

Pos Terkait:  Apa Yang Dimaksud dengan Teknik Lempengan dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Perbedaan Antara Gangster dan Mafia

Meskipun gangster dan mafia seringkali dianggap sama, sebenarnya terdapat beberapa perbedaan antara keduanya. Perbedaan tersebut antara lain:

1. Struktur Organisasi

Gangster biasanya beroperasi secara individual atau dalam kelompok kecil yang tidak memiliki struktur organisasi yang ketat. Sedangkan mafia memiliki struktur hierarki yang terorganisir baik dan sistem yang kompleks.

2. Jaringan Internasional

Gangster biasanya terlibat dalam kejahatan yang terjadi di lingkungan sekitarnya saja. Sedangkan mafia memiliki jaringan yang luas di seluruh dunia dan terlibat dalam kegiatan ilegal yang berskala internasional.

3. Tujuan

Gangster biasanya melakukan kejahatan untuk memperoleh uang atau keuntungan pribadi. Sedangkan mafia melakukan kegiatan ilegal untuk memperoleh kekuasaan dan pengaruh yang lebih besar.

4. Pengaruh dalam Dunia Politik

Mafia memiliki pengaruh yang besar dalam dunia politik dan bisnis. Sedangkan gangster biasanya tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam dunia politik dan bisnis.

Kesimpulan

Setelah membahas perbedaan antara gangster dan mafia, dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Gangster biasanya beroperasi secara individual atau dalam kelompok kecil dan terlibat dalam kejahatan yang terjadi di lingkungan sekitarnya saja. Sedangkan mafia memiliki struktur hierarki yang terorganisir baik, jaringan yang luas di seluruh dunia, dan terlibat dalam kegiatan ilegal yang berskala internasional. Mafia juga memiliki pengaruh yang besar dalam dunia politik dan bisnis.

Pos Terkait:  Apa Itu Guru?

Sebagai masyarakat yang baik, kita harus menghindari diri dari keduanya. Kita harus selalu menjaga diri dan lingkungan kita agar terhindar dari kejahatan yang mereka lakukan. Mari kita tingkatkan kesadaran kita akan bahaya kriminalitas dan hidup dengan damai tanpa gangster dan mafia.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *