Yang Termasuk Besaran Pokok?

Posted on

Pengertian Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran-besaran fisika yang dianggap dasar, karena tidak dapat didefinisikan lebih sederhana lagi. Besaran ini penting dalam pengukuran dan analisis fenomena fisika. Biasanya, terdapat tujuh besaran pokok yang digunakan dalam sistem satuan International System of Units (SI).

Besaran Pokok dalam SI

Berikut adalah tujuh besaran pokok dalam SI:

1. Panjang

Panjang adalah besaran pokok yang digunakan untuk mengukur jarak antara dua titik atau objek. Satuan pengukurannya adalah meter (m).

2. Massa

Massa adalah besaran pokok yang digunakan untuk mengukur banyaknya materi suatu benda. Satuan pengukurannya adalah kilogram (kg).

3. Waktu

Waktu adalah besaran pokok yang digunakan untuk mengukur durasi suatu peristiwa. Satuan pengukurannya adalah detik (s).

4. Arus listrik

Arus listrik adalah besaran pokok yang digunakan untuk mengukur aliran listrik. Satuan pengukurannya adalah ampere (A).

5. Suhu

Suhu adalah besaran pokok yang digunakan untuk mengukur tingkat kepanasan atau kekesejukan suatu benda. Satuan pengukurannya adalah kelvin (K).

6. Kuantitas zat

Kuantitas zat adalah besaran pokok yang digunakan untuk mengukur banyaknya zat dalam suatu benda. Satuan pengukurannya adalah mol (mol).

Pos Terkait:  Mengatasi Kelangkaan Sumber Daya untuk Memenuhi Kebutuhan Manusia: Cara dan Solusinya

7. Intensitas cahaya

Intensitas cahaya adalah besaran pokok yang digunakan untuk mengukur kekuatan cahaya. Satuan pengukurannya adalah candela (cd).

Kesimpulan

Dalam fisika, besaran pokok sangat penting untuk mengukur dan menganalisis fenomena alam. Terdapat tujuh besaran pokok dalam SI, yakni panjang, massa, waktu, arus listrik, suhu, kuantitas zat, dan intensitas cahaya. Dengan mengetahui besaran-besaran pokok ini, kita dapat mengukur dan mengevaluasi banyak fenomena fisika yang terjadi di sekitar kita.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *