Apa Perbedaan Aturan dan Norma?

Posted on

Seringkali kita mendengar kata-kata aturan dan norma. Kedua kata tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, apakah kamu tahu perbedaan antara aturan dan norma?

Aturan

Aturan atau regulasi adalah peraturan yang dibuat oleh pemerintah atau lembaga yang berwenang untuk mengatur perilaku masyarakat. Aturan ditetapkan dengan menggunakan undang-undang dan memiliki sanksi yang jelas jika dilanggar. Tujuan dari aturan adalah untuk menjaga ketertiban dan keamanan dalam masyarakat.

Contoh aturan antara lain adalah lalu lintas, peraturan sekolah, peraturan kerja, dan lain sebagainya. Pelanggaran aturan bisa berakibat pada sanksi hukum atau sanksi administratif.

Norma

Norma adalah aturan yang tidak ditetapkan oleh pemerintah atau lembaga yang berwenang. Norma dibuat oleh masyarakat sebagai panduan dalam berperilaku dan bersikap. Norma tidak memiliki sanksi yang jelas jika dilanggar, namun pelanggaran norma dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau kecemasan dalam masyarakat.

Contoh norma antara lain adalah sopan santun, etika, dan moral. Norma juga dapat berbeda-beda antara satu masyarakat dengan masyarakat lainnya. Misalnya, norma yang berlaku di Indonesia mungkin berbeda dengan norma yang berlaku di Amerika Serikat.

Pos Terkait:  Arti Kata Fans dalam Bahasa Indonesia

Perbedaan Aturan dan Norma

Sudah jelas bahwa aturan dibuat oleh pemerintah atau lembaga yang berwenang dan memiliki sanksi jika dilanggar, sedangkan norma dibuat oleh masyarakat dan tidak memiliki sanksi yang jelas.

Aturan bersifat formal, artinya aturan harus tertulis dan ditetapkan secara resmi oleh pemerintah atau lembaga yang berwenang. Sedangkan norma bersifat informal, artinya norma tidak perlu tertulis dan dibuat secara resmi oleh pemerintah atau lembaga yang berwenang.

Aturan bersifat universal, artinya aturan berlaku untuk semua orang tanpa terkecuali. Sedangkan norma bersifat relatif, artinya norma dapat berbeda-beda antara satu masyarakat dengan masyarakat lainnya.

Penutup

Dalam kehidupan sehari-hari, aturan dan norma memiliki peran yang sangat penting. Aturan dibuat untuk menjaga ketertiban dan keamanan dalam masyarakat, sedangkan norma dibuat sebagai panduan dalam berperilaku dan bersikap. Meskipun ada perbedaan antara keduanya, aturan dan norma sama-sama penting untuk diikuti agar tercipta kehidupan yang harmonis dalam masyarakat.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *