Apa Itu Disertasi? Disertasi Adalah 10 Hal Tentang Disertasi

Posted on

Disertasi adalah tulisan ilmiah yang ditulis oleh seorang mahasiswa pascasarjana sebagai syarat untuk mendapatkan gelar doktor. Disertasi biasanya terdiri dari bab-bab yang menjelaskan hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa.

1. Tujuan Disertasi

Tujuan utama dari disertasi adalah untuk memperlihatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian secara mandiri dan menghasilkan kontribusi baru dalam bidang keilmuan yang dipilih. Selain itu, disertasi juga bertujuan untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa tentang topik yang dipilih serta mengembangkan kemampuan analisis dan kritis.

2. Topik Disertasi

Topik disertasi biasanya dipilih berdasarkan minat dan keahlian mahasiswa serta kebutuhan dalam bidang keilmuan. Mahasiswa harus memilih topik yang relevan dan memiliki nilai kontribusi yang baru bagi bidang keilmuan yang dipilih.

3. Struktur Disertasi

Disertasi biasanya terdiri dari bab-bab yang saling terkait dan membentuk kerangka utama dari tulisan. Struktur disertasi biasanya terdiri dari bab pendahuluan, tinjauan literatur, metodologi, hasil penelitian, analisis, dan kesimpulan.

4. Pendahuluan

Bab pendahuluan pada disertasi bertujuan untuk memberikan gambaran umum tentang topik yang akan dibahas serta memberikan latar belakang dan justifikasi mengapa topik tersebut dipilih.

Pos Terkait:  120 Jam Berapa Hari..?

5. Tinjauan Literatur

Bab tinjauan literatur pada disertasi bertujuan untuk memberikan gambaran tentang penelitian-penelitian sebelumnya yang terkait dengan topik yang dibahas. Tinjauan literatur juga bertujuan untuk memperlihatkan gap dalam penelitian yang dilakukan dan mengidentifikasi kebutuhan untuk penelitian baru.

6. Metodologi

Bab metodologi pada disertasi bertujuan untuk menjelaskan tentang metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tersebut. Metodologi juga harus menjelaskan tentang populasi, sampel, instrumen, prosedur pengumpulan data, dan analisis data yang digunakan dalam penelitian.

7. Hasil Penelitian

Bab hasil penelitian pada disertasi bertujuan untuk memberikan gambaran tentang hasil penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian harus dijelaskan dengan rinci dan mendetail serta disertai dengan tabel, grafik, atau diagram untuk memperjelas hasil penelitian.

8. Analisis

Bab analisis pada disertasi bertujuan untuk menganalisis hasil penelitian yang telah dilakukan. Analisis harus dilakukan dengan menggunakan metode yang tepat dan menghasilkan kesimpulan yang mendalam dan memperlihatkan kontribusi baru bagi bidang keilmuan yang dipilih.

9. Kesimpulan

Bab kesimpulan pada disertasi bertujuan untuk memberikan rangkuman tentang hasil penelitian yang telah dilakukan dan memberikan kesimpulan yang tepat berdasarkan hasil penelitian tersebut. Kesimpulan juga harus memperlihatkan kontribusi baru bagi bidang keilmuan yang dipilih.

Pos Terkait:  Induksi Matematika: Menyelesaikan Masalah Matematika dengan Mudah

10. Referensi

Bab referensi pada disertasi bertujuan untuk memberikan daftar referensi yang digunakan dalam penelitian tersebut. Daftar referensi harus disusun berdasarkan aturan yang telah ditetapkan dalam sistem penulisan referensi yang dipilih.

Kesimpulan

Disertasi adalah tulisan ilmiah yang ditulis oleh seorang mahasiswa pascasarjana sebagai syarat untuk mendapatkan gelar doktor. Disertasi memiliki tujuan untuk memperlihatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian secara mandiri dan menghasilkan kontribusi baru bagi bidang keilmuan yang dipilih. Topik disertasi dipilih berdasarkan minat dan keahlian mahasiswa serta kebutuhan dalam bidang keilmuan. Struktur disertasi terdiri dari bab pendahuluan, tinjauan literatur, metodologi, hasil penelitian, analisis, dan kesimpulan. Mahasiswa harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan dalam sistem penulisan referensi yang dipilih.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *