Apa Gelar D4 Pelayaran?

Posted on

Bagi para calon pelaut, salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah apa gelar D4 pelayaran. Pendidikan di bidang pelayaran di Indonesia memang terkenal dengan berbagai macam gelar yang cukup membingungkan. Nah, kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang gelar D4 pelayaran.

Apa Itu Gelar D4 Pelayaran?

D4 pelayaran atau Diploma IV Pelayaran adalah salah satu jenjang pendidikan di bidang kelautan yang setara dengan program sarjana. Program ini memiliki fokus pada pengembangan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang perwira pelayaran yang handal.

Seorang lulusan D4 pelayaran diharapkan memiliki pengetahuan yang luas mengenai teknologi pelayaran, navigasi, meteorologi, manajemen kapal, keselamatan pelayaran, dan masih banyak lagi. Selain itu, mereka juga harus memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam situasi darurat di atas kapal.

Syarat Masuk Gelar D4 Pelayaran

Untuk bisa masuk ke program D4 pelayaran, calon mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan. Beberapa persyaratan yang biasanya dibutuhkan antara lain:

  • Lulusan SMA atau sederajat dengan nilai rata-rata minimal 6,5.
  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Mempunyai sertifikat Basic Safety Training (BST).
Pos Terkait:  Arti Kata Lunak dalam Kamus Bahasa Indonesia: Mengetahui Makna dan Penggunaannya

Setelah memenuhi persyaratan tersebut, calon mahasiswa masih harus mengikuti seleksi yang dilakukan oleh perguruan tinggi yang menyelenggarakan program D4 pelayaran.

Manfaat Menempuh Program D4 Pelayaran

Menempuh program D4 pelayaran memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh calon pelaut. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

  • Mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang perwira pelayaran yang handal.
  • Mendapatkan sertifikasi dan lisensi yang diakui secara internasional.
  • Mendapatkan kesempatan untuk bekerja di berbagai kapal dengan gaji yang cukup menggiurkan.
  • Mendapatkan pengalaman bekerja di bawah tekanan dan dalam situasi darurat di atas kapal.

Karir Setelah Menempuh Program D4 Pelayaran

Setelah lulus dari program D4 pelayaran, seorang lulusan bisa melanjutkan karir di berbagai bidang pelayaran. Beberapa karir yang bisa diambil antara lain:

  • Perwira kapal
  • Nakhoda
  • Insinyur mesin kapal
  • Operator alat berat di pelabuhan
  • Pengajar di sekolah pelayaran

Perlu diketahui bahwa untuk bisa mencapai posisi tertinggi di bidang pelayaran, seorang lulusan D4 pelayaran harus mengumpulkan jam pelayaran yang cukup dan mengikuti berbagai kursus dan pelatihan yang diperlukan.

Kesimpulan

D4 pelayaran adalah jenjang pendidikan di bidang kelautan yang setara dengan program sarjana. Menempuh program ini bisa memberikan banyak manfaat bagi calon pelaut, seperti mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang perwira pelayaran yang handal. Setelah lulus, seorang lulusan bisa melanjutkan karir di berbagai bidang pelayaran. Jadi, bagi Anda yang ingin bekerja di bidang pelayaran, D4 pelayaran bisa menjadi pilihan pendidikan yang tepat.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *