Mary Parker Follett: Ahli Manajemen dan Hubungan Industri

Posted on

Mary Parker Follett adalah seorang ahli manajemen dan hubungan industri terkenal yang lahir di Amerika Serikat pada tahun 1868. Follett dikenal sebagai salah satu tokoh penting dalam pengembangan teori manajemen modern dan kontribusinya dalam mengembangkan hubungan industri yang harmonis antara pekerja dan manajemen.

Kehidupan Awal Mary Parker Follett

Mary Parker Follett lahir di Quincy, Massachusetts pada 3 September 1868. Ayahnya adalah seorang pengusaha dan ibunya adalah seorang guru. Mary Parker Follett tumbuh dalam keluarga yang memiliki minat dalam pengembangan karir dan pendidikan.

Pada usia 15 tahun, Mary Parker Follett mulai belajar di Newnham College, Cambridge University di Inggris. Dia belajar tentang filosofi, sejarah, dan literatur Inggris. Setelah menyelesaikan studinya di Inggris, Mary Parker Follett kembali ke Amerika Serikat dan mulai bekerja sebagai seorang penulis dan pengajar di bidang manajemen.

Kontribusi Mary Parker Follett dalam Manajemen

Mary Parker Follett dikenal sebagai salah satu ahli manajemen yang paling berpengaruh pada abad ke-20. Dia telah membuat kontribusi penting dalam pengembangan teori manajemen modern. Kontribusinya termasuk pengembangan prinsip-prinsip manajemen yang modern seperti manajemen partisipatif dan manajemen konflik.

Pos Terkait:  2 Minggu Berapa Hari - Mengetahui Durasi Waktu dengan Mudah

Salah satu konsep utama yang dikembangkan oleh Mary Parker Follett adalah manajemen partisipatif. Dia percaya bahwa manajemen yang efektif harus melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan. Menurutnya, karyawan memiliki pengetahuan dan pengalaman yang unik tentang tugas dan pekerjaan mereka. Oleh karena itu, mereka harus terlibat dalam pengambilan keputusan yang mempengaruhi pekerjaan mereka.

Mary Parker Follett juga mengembangkan konsep manajemen konflik yang melibatkan penyelesaian konflik melalui diskusi dan negosiasi. Dia percaya bahwa manajemen konflik yang efektif adalah yang menghasilkan solusi win-win bagi semua pihak yang terlibat.

Kontribusi Mary Parker Follett dalam Hubungan Industri

Selain kontribusinya dalam manajemen, Mary Parker Follett juga membuat kontribusi penting dalam pengembangan hubungan industri yang harmonis. Dia percaya bahwa hubungan industri yang efektif didasarkan pada kerjasama dan kolaborasi antara pekerja dan manajemen.

Mary Parker Follett mengembangkan konsep “power with” daripada “power over”. Dia percaya bahwa manajemen harus berkolaborasi dengan karyawan dan membangun hubungan yang saling menguntungkan. Dia juga percaya bahwa karyawan harus diberi kebebasan untuk mengembangkan potensi mereka dan berkontribusi pada organisasi.

Karya-Karya Mary Parker Follett

Mary Parker Follett menulis beberapa buku tentang manajemen dan hubungan industri. Beberapa bukunya yang terkenal termasuk “The New State: Group Organization, the Solution of Popular Government” dan “Dynamic Administration: The Collected Papers of Mary Parker Follett”. Buku-bukunya membahas konsep-konsep seperti manajemen partisipatif, manajemen konflik, dan hubungan industri yang harmonis. Karya-karya Mary Parker Follett masih menjadi referensi bagi para ahli manajemen dan hubungan industri hingga saat ini.

Pos Terkait:  Arti Kata Bait: Memahami Makna Dibalik Kata dalam Musik

Kesimpulan

Mary Parker Follett adalah seorang ahli manajemen dan hubungan industri yang berpengaruh pada abad ke-20. Kontribusinya dalam pengembangan teori manajemen modern dan hubungan industri yang harmonis antara pekerja dan manajemen masih menjadi referensi bagi para ahli di bidang ini. Dia adalah seorang visioner yang percaya pada kekuatan kolaborasi dan partisipasi dalam manajemen dan hubungan industri. Karya-karyanya masih relevan hingga saat ini dan menjadi inspirasi bagi banyak orang yang tertarik dalam bidang manajemen dan hubungan industri.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *