Apa Fungsi Lisosom pada Sel Tumbuhan?

Posted on

Sebagai makhluk hidup, sel tumbuhan memiliki berbagai macam organel yang mengatur fungsi masing-masing. Salah satu organel yang penting dalam sel tumbuhan adalah lisosom. Tetapi, apa sih fungsi lisosom pada sel tumbuhan? Mari kita bahas lebih lanjut!

Apa itu Lisosom?

Lisosom adalah salah satu organel dalam sel tumbuhan yang berfungsi sebagai pengurai dan penghasil energi. Organel ini memiliki bentuk bulat dengan diameter sekitar 0,1-1 mikrometer dan terdiri dari membran lipid ganda yang melindungi zat-zat di dalamnya dari kontak dengan sitoplasma. Lisosom terbentuk dari retikulum endoplasma kasar dan mengandung enzim hidrolitik.

Fungsi Lisosom pada Sel Tumbuhan

Lisosom pada sel tumbuhan memiliki beberapa fungsi, di antaranya:

1. Penghancur Zat-Zat Tidak Diperlukan

Lisosom bertanggung jawab atas penghancuran zat-zat yang tidak diperlukan dalam sel tumbuhan. Organel ini mengandung enzim hidrolitik yang dapat memecah berbagai macam molekul, seperti protein, lipid, karbohidrat, dan nukleat. Lisosom juga dapat memecah zat-zat yang berasal dari luar sel, seperti bakteri dan virus.

Pos Terkait:  Berapa Lembar 1500 Kata?

2. Memproses Makanan dalam Sel Tumbuhan

Sebagai pengurai, lisosom juga berperan dalam memproses makanan yang masuk ke dalam sel tumbuhan. Lisosom akan memecah molekul-molekul makanan menjadi zat-zat yang lebih kecil sehingga dapat diambil oleh sel tumbuhan dan digunakan sebagai sumber energi.

3. Membantu dalam Pemeliharaan Keseimbangan Sel Tumbuhan

Lisosom juga berperan dalam pemeliharaan keseimbangan sel tumbuhan. Organel ini dapat memecah zat-zat yang tidak diperlukan dalam sel tumbuhan dan mengeluarkannya dari sel melalui proses ekskresi. Dengan demikian, lisosom membantu menjaga keseimbangan ion dan zat-zat dalam sel tumbuhan.

4. Membantu dalam Proses Pembelahan Sel Tumbuhan

Lisosom juga berperan dalam proses pembelahan sel tumbuhan. Organel ini dapat memecah membran sel pada tahap akhir pembelahan sel tumbuhan, sehingga memungkinkan pembentukan dinding sel baru.

Penyakit Lisosom pada Sel Tumbuhan

Meskipun lisosom berperan penting dalam fungsi sel tumbuhan, tetapi ada beberapa penyakit yang dapat mempengaruhi kinerja lisosom. Salah satu penyakit tersebut adalah penyakit storage, di mana enzim hidrolitik tidak berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan akumulasi zat-zat dalam sel tumbuhan. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada kinerja sel tumbuhan dan bahkan kematian sel.

Pos Terkait:  Selection Tool Apa Saja: Tool Pilihan untuk Mempermudah Kerja

Kesimpulan

Lisosom adalah organel yang sangat penting dalam sel tumbuhan. Fungsi lisosom pada sel tumbuhan antara lain sebagai penghancur zat-zat yang tidak diperlukan, memproses makanan dalam sel tumbuhan, membantu dalam pemeliharaan keseimbangan sel tumbuhan, dan membantu dalam proses pembelahan sel tumbuhan. Oleh karena itu, lisosom sangat berperan penting dalam kehidupan sel tumbuhan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *