Apa Bedanya Poster dan Infografis?

Posted on

Ketika kita ingin menyampaikan informasi atau pesan kepada orang lain, kita bisa memilih beberapa bentuk media yang berbeda. Salah satunya adalah poster dan infografis. Kedua bentuk media ini memang terlihat mirip, tapi sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut adalah penjelasan tentang apa bedanya poster dan infografis.

Definisi Poster

Poster adalah media cetak yang biasanya digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi secara visual. Poster memiliki ukuran yang besar, biasanya sekitar 60 x 90 cm. Poster bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti promosi produk atau acara, kampanye sosial, atau sebagai hiasan dinding.

Definisi Infografis

Infografis adalah media visual yang menggunakan grafik dan ilustrasi untuk menyampaikan informasi. Infografis biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dari poster, namun bisa mencakup lebih banyak informasi. Infografis biasanya dibuat untuk mengajarkan sesuatu atau memberikan informasi yang kompleks secara mudah dipahami.

Perbedaan Ukuran

Salah satu perbedaan utama antara poster dan infografis adalah ukurannya. Poster umumnya lebih besar daripada infografis. Ukuran besar poster memungkinkan kita untuk menampilkan gambar atau ilustrasi dengan ukuran yang lebih besar sehingga lebih menarik perhatian. Sedangkan infografis umumnya lebih kecil sehingga bisa dipasang di berbagai tempat dan mudah dibawa-bawa.

Pos Terkait:  Apa yang Dimaksud dengan Maqro?

Perbedaan Fokus

Poster biasanya memiliki fokus yang lebih terbatas dibandingkan infografis. Poster biasanya dibuat untuk mempromosikan atau memasarkan suatu produk atau acara. Oleh karena itu, poster biasanya menonjolkan gambar atau ilustrasi yang menarik perhatian, dengan sedikit informasi yang disampaikan.

Sedangkan infografis memiliki fokus yang lebih luas karena tujuannya adalah untuk mengajarkan atau memberikan informasi tentang suatu topik. Infografis biasanya menampilkan grafik atau ilustrasi yang mendukung informasi yang disampaikan. Oleh karena itu, infografis umumnya lebih padat informasi dibandingkan poster.

Perbedaan Desain

Desain poster umumnya lebih fokus pada estetika dan kreativitas. Poster biasanya dirancang untuk menarik perhatian dan membuat orang terkesan dengan gambar yang ditampilkan. Oleh karena itu, poster biasanya memiliki desain yang lebih artistik dan menarik.

Di sisi lain, desain infografis lebih fokus pada keterbacaan dan efektivitas dalam menyampaikan informasi. Infografis harus dirancang agar mudah dipahami dan tidak membingungkan. Oleh karena itu, desain infografis biasanya lebih simpel dan terstruktur.

Perbedaan Tujuan

Tujuan poster adalah untuk mempromosikan atau memasarkan suatu produk atau acara. Poster biasanya dibuat untuk menarik perhatian dan membuat orang tertarik untuk membeli produk atau datang ke acara tersebut.

Pos Terkait:  Sikap yang Keliru Terhadap Malaikat Adalah

Sedangkan tujuan infografis adalah untuk mengajarkan atau memberikan informasi yang kompleks secara mudah dipahami. Infografis biasanya dibuat untuk membantu orang memahami suatu topik atau tema tertentu.

Kesimpulan

Jadi, apa bedanya poster dan infografis? Perbedaan utama antara poster dan infografis adalah ukurannya, fokus, desain, dan tujuannya. Poster umumnya lebih besar, memiliki fokus yang lebih terbatas, desain yang lebih artistik, dan tujuannya untuk mempromosikan atau memasarkan suatu produk atau acara. Sedangkan infografis umumnya lebih kecil, memiliki fokus yang lebih luas, desain yang lebih simpel, dan tujuannya untuk mengajarkan atau memberikan informasi yang kompleks secara mudah dipahami.

Kedua bentuk media ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung dari keperluan dan tujuan penggunaannya. Namun, keduanya bisa menjadi alat yang efektif untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada orang lain.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *