10 Jurusan yang Berhubungan dengan Desain sebagai Pilihan

Posted on

Desain menjadi salah satu bidang yang memiliki banyak peminat. Terdapat banyak jurusan yang berhubungan dengan desain yang bisa diambil untuk mengejar karir di bidang ini. Berikut adalah 10 jurusan yang berhubungan dengan desain sebagai pilihan:

1. Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah salah satu jurusan yang cukup populer di kalangan siswa SMA. Jurusan ini mengajarkan tentang konsep dasar desain, teknik menggambar, dan komunikasi visual. DKV mempersiapkan siswa untuk menjadi desainer grafis, ilustrator, animator, dan sebagainya.

2. Desain Produk

Jurusan Desain Produk mengajarkan tentang bagaimana mendesain produk yang baik, fungsional, dan estetis. Jurusan ini menggabungkan prinsip desain dengan teknik produksi untuk menciptakan produk yang berkualitas tinggi. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di industri manufaktur, desain produk, dan sektor kreatif lainnya.

3. Desain Interior

Jurusan Desain Interior fokus pada mendesain ruang dalam bangunan seperti rumah, kantor, atau toko. Jurusan ini mengajarkan tentang prinsip desain, teknik pembuatan ruang, dan pemilihan bahan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di perusahaan desain interior, konstruksi, atau menjadi desainer interior freelance.

Pos Terkait:  Adaptasi Morfologi, Fisiologi dan Perilaku pada Makhluk Hidup

4. Arsitektur

Arsitektur adalah bidang yang berkaitan dengan desain bangunan. Jurusan ini mengajarkan tentang konsep desain bangunan, konstruksi, dan teknik pembangunan. Lulusan jurusan Arsitektur dapat bekerja di perusahaan arsitektur, konstruksi, atau menjadi arsitek freelance.

5. Desain Fashion

Desain Fashion adalah jurusan yang mengajarkan tentang desain pakaian dan aksesoris. Jurusan ini menggabungkan prinsip desain dengan teknik pembuatan pakaian dan aksesoris. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di industri fashion, desain pakaian, dan sektor kreatif lainnya.

6. Desain Animasi

Desain Animasi mengajarkan tentang teknik membuat animasi baik 2D maupun 3D. Jurusan ini mencakup prinsip desain, teknik animasi, dan penggunaan software animasi. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di studio animasi, produksi film, atau menjadi animator freelance.

7. Fotografi

Jurusan Fotografi mengajarkan tentang teknik pengambilan gambar dan pengolahan gambar. Jurusan ini mencakup prinsip desain, teknik fotografi, dan penggunaan software editing gambar. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di studio fotografi, media massa, atau menjadi fotografer freelance.

8. Multimedia

Jurusan Multimedia mengajarkan tentang pengembangan konten digital seperti video, audio, dan grafis. Jurusan ini menggabungkan prinsip desain dengan teknologi multimedia. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di industri multimedia, produksi film, atau menjadi content creator freelance.

Pos Terkait:  Mengucapkan Salam-Membalas Salam Merupakan Tindakan Mulia dalam Agama Islam

9. Desain Grafis

Desain Grafis adalah jurusan yang mengajarkan tentang desain visual untuk media cetak dan digital. Jurusan ini mencakup prinsip desain, teknik penggunaan software desain grafis, dan teknik komunikasi visual. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di perusahaan desain grafis, media massa, atau menjadi desainer grafis freelance.

10. Game Development

Game Development adalah jurusan yang mengajarkan tentang pengembangan game. Jurusan ini mencakup prinsip desain, teknik programming game, dan teknik pembuatan game. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di studio game, perusahaan teknologi, atau menjadi game developer freelance.

Itulah 10 jurusan yang berhubungan dengan desain sebagai pilihan. Memilih jurusan yang tepat sangat penting untuk mengejar karir di bidang desain. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda, dan pastikan untuk terus mengasah keterampilan dan pengetahuan di bidang desain.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *