10 Jurusan Kuliah IPS yang Banyak Diminati

Posted on

IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial adalah salah satu bidang studi yang banyak diminati oleh para pelajar di Indonesia. Jurusan ini membahas tentang manusia, masyarakat, dan kebudayaan. Berikut adalah 10 jurusan kuliah IPS yang banyak diminati:

1. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi adalah salah satu jurusan kuliah IPS yang paling diminati. Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana manusia berkomunikasi satu sama lain. Ilmu Komunikasi meliputi bidang-bidang seperti media massa, public relations, dan jurnalistik.

2. Psikologi

Psikologi adalah jurusan kuliah IPS yang membahas tentang manusia dan perilakunya. Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana manusia berpikir, merasa, dan bertindak. Psikologi dapat diterapkan di berbagai bidang, seperti pendidikan, bisnis, dan kesehatan.

3. Ilmu Politik

Ilmu Politik adalah jurusan kuliah IPS yang membahas tentang sistem politik dan pemerintahan. Jurusan ini mempelajari tentang berbagai macam teori politik, sistem politik di berbagai negara, serta peran masyarakat dalam politik.

4. Sosiologi

Sosiologi adalah jurusan kuliah IPS yang membahas tentang manusia dan kehidupan sosialnya. Jurusan ini mempelajari tentang berbagai macam fenomena sosial, seperti perubahan sosial, konflik sosial, dan gerakan sosial. Sosiologi juga dapat diterapkan di berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, dan bisnis.

Pos Terkait:  Tes Kraepelin: Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

5. Hubungan Internasional

Hubungan Internasional adalah jurusan kuliah IPS yang membahas tentang hubungan antarnegara di dunia. Jurusan ini mempelajari tentang berbagai macam isu internasional, seperti perdagangan internasional, konflik internasional, dan kerjasama internasional.

6. Antropologi

Antropologi adalah jurusan kuliah IPS yang membahas tentang manusia dan kebudayaannya. Jurusan ini mempelajari tentang berbagai macam aspek kebudayaan manusia, seperti bahasa, agama, dan seni. Antropologi juga mempelajari tentang perbedaan budaya di berbagai negara di dunia.

7. Sejarah

Sejarah adalah jurusan kuliah IPS yang membahas tentang peristiwa-peristiwa masa lalu. Jurusan ini mempelajari tentang sejarah manusia dan peradabannya, mulai dari zaman prasejarah hingga zaman modern. Sejarah juga dapat diterapkan di berbagai bidang, seperti pendidikan dan jurnalistik.

8. Ilmu Administrasi Negara

Ilmu Administrasi Negara adalah jurusan kuliah IPS yang membahas tentang sistem administrasi negara. Jurusan ini mempelajari tentang berbagai macam teori administrasi, manajemen publik, dan kebijakan publik. Ilmu Administrasi Negara juga dapat diterapkan di berbagai bidang, seperti pemerintahan, bisnis, dan pendidikan.

9. Ekonomi

Ekonomi adalah jurusan kuliah IPS yang membahas tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Jurusan ini mempelajari tentang berbagai macam teori ekonomi, seperti teori permintaan dan penawaran, serta teori produksi. Ekonomi juga dapat diterapkan di berbagai bidang, seperti bisnis dan keuangan.

Pos Terkait:  Tempat yang Bisa Digunakan untuk Melaksanakan Shalat

10. Geografi

Geografi adalah jurusan kuliah IPS yang membahas tentang bumi dan lingkungannya. Jurusan ini mempelajari tentang berbagai macam aspek geografi, seperti iklim, vegetasi, dan topografi. Geografi juga dapat diterapkan di berbagai bidang, seperti lingkungan hidup dan pariwisata.

Dari ke-10 jurusan kuliah IPS yang banyak diminati tersebut, setiap jurusan memiliki peluang karir yang sangat baik. Sehingga, bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan di bidang IPS, kamu dapat memilih salah satu dari ke-10 jurusan tersebut.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *