10 Info Jenis Pekerjaan Jurusan IPA

Posted on

Jurusan IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam adalah salah satu jurusan yang banyak diminati oleh para pelajar di Indonesia. Jurusan ini memiliki banyak manfaat dan memberikan kesempatan kerja yang cukup luas. Berikut ini adalah 10 jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan setelah lulus dari jurusan IPA.

1. Ahli Biologi

Ahli biologi adalah orang yang memiliki pengetahuan dalam ilmu hayati atau biologi. Pekerjaan ini meliputi studi, pengembangan, dan penggunaan organisme hidup untuk berbagai tujuan. Ahli biologi bisa bekerja di berbagai bidang seperti kedokteran, farmasi, dan penelitian.

2. Ahli Fisika

Ahli fisika adalah orang yang memiliki pengetahuan dalam ilmu fisika. Pekerjaan ini meliputi studi tentang materi, energi, dan alam semesta secara keseluruhan. Ahli fisika bisa bekerja di berbagai bidang seperti teknologi, energi, dan penelitian.

3. Ahli Kimia

Ahli kimia adalah orang yang memiliki pengetahuan dalam ilmu kimia. Pekerjaan ini meliputi studi tentang materi, reaksi kimia, dan sifat-sifat kimia. Ahli kimia bisa bekerja di berbagai bidang seperti farmasi, energi, dan penelitian.

Pos Terkait:  Kelebihan Madrasah Aliyah Kejuruan

4. Ahli Matematika

Ahli matematika adalah orang yang memiliki pengetahuan dalam ilmu matematika. Pekerjaan ini meliputi studi tentang angka, rumus, dan teori. Ahli matematika bisa bekerja di berbagai bidang seperti teknologi, keuangan, dan penelitian.

5. Ahli Geologi

Ahli geologi adalah orang yang memiliki pengetahuan dalam ilmu geologi. Pekerjaan ini meliputi studi tentang bumi, geologi, dan sumber daya alam. Ahli geologi bisa bekerja di berbagai bidang seperti penambangan, minyak dan gas, dan penelitian.

6. Ahli Astronomi

Ahli astronomi adalah orang yang memiliki pengetahuan dalam ilmu astronomi. Pekerjaan ini meliputi studi tentang benda langit, alam semesta, dan astronomi. Ahli astronomi bisa bekerja di berbagai bidang seperti penelitian, teknologi, dan penerbangan.

7. Ahli Teknik

Ahli teknik adalah orang yang memiliki pengetahuan dalam ilmu teknik. Pekerjaan ini meliputi studi tentang perancangan, pembuatan, dan pengembangan teknologi. Ahli teknik bisa bekerja di berbagai bidang seperti teknologi, manufaktur, dan konstruksi.

8. Ahli Lingkungan

Ahli lingkungan adalah orang yang memiliki pengetahuan dalam ilmu lingkungan. Pekerjaan ini meliputi studi tentang lingkungan hidup, perubahan iklim, dan sumber daya alam. Ahli lingkungan bisa bekerja di berbagai bidang seperti konservasi, energi terbarukan, dan penelitian.

Pos Terkait:  Pengertian Introvert: Memahami Karakteristik dan Ciri-ciri

9. Ahli Biokimia

Ahli biokimia adalah orang yang memiliki pengetahuan dalam ilmu biokimia. Pekerjaan ini meliputi studi tentang kimia kehidupan, metabolisme, dan biologi molekuler. Ahli biokimia bisa bekerja di berbagai bidang seperti kedokteran, farmasi, dan penelitian.

10. Ahli Teknologi Pangan

Ahli teknologi pangan adalah orang yang memiliki pengetahuan dalam ilmu pangan. Pekerjaan ini meliputi studi tentang pengolahan pangan, nutrisi, dan kesehatan. Ahli teknologi pangan bisa bekerja di berbagai bidang seperti industri makanan, kesehatan, dan penelitian.

Itulah 10 jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan setelah lulus dari jurusan IPA. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mempertimbangkan untuk memilih jurusan IPA atau sedang mencari pekerjaan di bidang yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *