10 Contoh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)

Posted on

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) merupakan suatu perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah daerah. BUMD ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah dan memberikan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat. Berikut ini adalah 10 contoh BUMD yang ada di Indonesia:

1. PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau PT SMI adalah BUMD yang fokus pada pengembangan infrastruktur di Indonesia. BUMD ini didirikan pada tahun 2009 dan telah menjadi partner strategis Pemerintah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia.

2. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN adalah BUMD yang bergerak dibidang penyediaan listrik di Indonesia. PLN telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari.

Pos Terkait:  Sistem Ekskresi Manusia Bertujuan untuk Mengeluarkan

3. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI adalah BUMD yang bergerak dalam bidang perbankan. BNI adalah salah satu bank terbesar di Indonesia yang memberikan layanan keuangan bagi masyarakat.

4. PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III adalah BUMD yang bergerak dalam bidang pengelolaan pelabuhan. Pelindo III melayani pelabuhan di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

5. PT Krakatau Steel (Persero) Tbk

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk adalah BUMD yang bergerak dalam bidang industri baja. Krakatau Steel telah menjadi salah satu produsen baja terbesar di Indonesia.

6. PT Jasa Marga (Persero) Tbk

PT Jasa Marga (Persero) Tbk adalah BUMD yang bergerak dalam bidang pengelolaan jalan tol. Jasa Marga telah menjadi partner strategis Pemerintah dalam membangun infrastruktur jalan tol di Indonesia.

7. PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk atau PGN adalah BUMD yang bergerak dalam bidang penyediaan gas bumi di Indonesia. PGN telah menjadi penyedia gas bumi yang terpercaya bagi masyarakat Indonesia.

8. PT Industri Kereta Api (Persero)

PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA adalah BUMD yang bergerak dalam bidang industri kereta api. INKA telah menjadi produsen kereta api terbesar di Indonesia.

Pos Terkait:  Mata Kuliah Manajemen Pemasaran: Mempersiapkan Mahasiswa untuk Menjadi Ahli Pemasaran

9. PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero)

PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) atau PPA adalah BUMD yang bergerak dalam bidang pengelolaan aset milik negara. PPA bertanggung jawab dalam mengelola aset-aset strategis di Indonesia.

10. PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk

PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk atau PTPP adalah BUMD yang bergerak dalam bidang pembangunan perumahan. PTPP telah menjadi salah satu pengembang perumahan terkemuka di Indonesia.

Kesimpulan

Itulah 10 contoh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada di Indonesia. BUMD ini memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian daerah dan memberikan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *