1 per 4 Sama Dengan Berapa?

Posted on

Anda mungkin pernah mendengar istilah “1 per 4” di berbagai situasi. Namun, apakah Anda tahu persis apa itu “1 per 4” dan bagaimana cara menghitungnya?

Pengertian 1 per 4

“1 per 4” adalah istilah matematika yang menunjukkan perbandingan antara dua bilangan. Dalam hal ini, bilangan pertama adalah 1 dan bilangan kedua adalah 4. Perbandingan ini dapat dituliskan sebagai 1:4 atau 1/4.

Perbandingan antara 1 dan 4 dapat diartikan sebagai “satu bagi empat” atau “satu per empat”. Ini berarti bahwa untuk setiap satu unit dari bilangan pertama, ada empat unit dari bilangan kedua.

Cara Menghitung 1 per 4

Jika Anda ingin menghitung berapa banyak unit dari bilangan kedua yang setara dengan satu unit dari bilangan pertama dalam perbandingan 1:4, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

Unit bilangan kedua = (1 / Bilangan kedua) x Bilangan pertama

Dalam kasus 1:4, rumus tersebut menjadi:

Unit bilangan kedua = (1 / 4) x 1 = 0,25

Dengan demikian, satu unit dari bilangan pertama setara dengan 0,25 unit dari bilangan kedua. Ini juga berarti bahwa empat unit dari bilangan pertama setara dengan satu unit dari bilangan kedua.

Pos Terkait:  Mata Pelajaran RPL: Meningkatkan Kemampuan Teknologi dan Kreativitas Siswa

Contoh Penggunaan 1 per 4

Perbandingan 1:4 dapat digunakan dalam berbagai situasi. Salah satu contohnya adalah dalam memasak. Misalnya, jika Anda ingin membuat adonan roti dan resep membutuhkan perbandingan tepung dan air 1:4, artinya Anda membutuhkan satu bagian tepung untuk empat bagian air.

Contoh lain penggunaan 1:4 adalah dalam pembuatan bahan kimia. Misalnya, jika Anda ingin membuat larutan 1 per 4 dari bahan kimia tertentu, artinya Anda perlu mencampurkan satu bagian bahan kimia dengan empat bagian pelarut.

Kesimpulan

Dalam matematika, “1 per 4” adalah perbandingan antara satu unit dari bilangan pertama dengan empat unit dari bilangan kedua. Untuk menghitung jumlah unit dari bilangan kedua yang setara dengan satu unit dari bilangan pertama, Anda dapat menggunakan rumus: (1 / Bilangan kedua) x Bilangan pertama. Perbandingan 1:4 dapat digunakan dalam berbagai situasi, seperti dalam memasak dan pembuatan bahan kimia.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *