Yang Tidak Termasuk Sistem Transmisi Adalah ..A.Simplex dan B.Full

Posted on

Sistem transmisi adalah salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Fungsinya adalah untuk mengubah torsi yang dihasilkan oleh mesin menjadi putaran pada roda kendaraan. Dengan kata lain, sistem transmisi adalah jantung pada kendaraan. Namun, tidak semua jenis transmisi termasuk dalam sistem transmisi. Dalam artikel ini, kita akan membahas dua jenis transmisi yang tidak termasuk dalam sistem transmisi, yaitu Simplex dan Full.

Simplex

Simplex adalah jenis transmisi sederhana yang digunakan pada sepeda motor. Pada Simplex, hanya terdapat satu gigi yang dipasangkan pada roda belakang. Gigi ini dapat diganti dengan gigi yang berbeda untuk mengubah rasio gear pada sepeda motor. Namun, Simplex tidak memiliki sistem kopling, sehingga pengemudi harus berhenti untuk mengganti gigi. Karena kekurangan ini, Simplex tidak termasuk dalam sistem transmisi pada kendaraan bermotor.

Simplex memiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah:

  • Sederhana dan mudah digunakan
  • Tidak memerlukan perawatan yang rumit
  • Lebih murah dibandingkan transmisi yang lebih kompleks

Namun, Simplex juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  • Tidak memiliki sistem kopling
  • Tidak dapat digunakan pada kendaraan bermotor
  • Hanya dapat mengubah rasio gear dalam satu arah saja
Pos Terkait:  Perkiraan Biaya Kuliah Teknik Perminyakan

Full

Full adalah jenis transmisi yang digunakan pada mobil-mobil Formula 1. Pada Full, terdapat tujuh gigi yang dapat dipilih oleh pengemudi. Gigi dipilih dengan menggunakan tuas yang terletak di sebelah kemudi. Full memiliki sistem kopling yang canggih, sehingga pengemudi dapat mengganti gigi tanpa perlu berhenti. Full juga memiliki sistem diferensial yang memungkinkan putaran roda kanan dan kiri berbeda saat mobil berbelok. Meskipun sangat canggih, Full tidak termasuk dalam sistem transmisi pada kendaraan bermotor.

Full memiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah:

  • Dapat mengubah rasio gear dengan sangat cepat
  • Memiliki sistem kopling yang canggih
  • Memiliki sistem diferensial yang canggih

Namun, Full juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  • Sangat mahal dan hanya dapat digunakan pada mobil Formula 1
  • Memerlukan perawatan dan pengaturan yang rumit
  • Tidak dapat digunakan pada kendaraan bermotor sehari-hari

Kesimpulan

Simplex dan Full adalah dua jenis transmisi yang tidak termasuk dalam sistem transmisi pada kendaraan bermotor. Simplex adalah jenis transmisi sederhana yang digunakan pada sepeda motor, sedangkan Full adalah jenis transmisi canggih yang digunakan pada mobil Formula 1. Meskipun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, keduanya tidak dapat digunakan pada kendaraan bermotor sehari-hari. Oleh karena itu, jika Anda ingin memilih transmisi untuk kendaraan bermotor Anda, pastikan untuk memilih jenis transmisi yang termasuk dalam sistem transmisi dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *