Variabel Intervening: Pengertian, Jenis, dan Contoh

Posted on

Variabel intervening atau variabel perantara adalah variabel yang berfungsi untuk menjelaskan hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Variabel ini juga dapat mempengaruhi atau memoderasi hubungan antara variabel independen dan dependen. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian, jenis, dan contoh dari variabel intervening.

Pengertian Variabel Intervening

Variabel intervening dapat diartikan sebagai variabel yang berfungsi untuk menjelaskan hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Variabel ini juga dapat mempengaruhi atau memoderasi hubungan antara variabel independen dan dependen. Intervening variable seringkali digunakan dalam penelitian untuk memahami hubungan antara dua variabel, terutama dalam penelitian kausal.

Jenis-jenis Variabel Intervening

Berdasarkan pengaruhnya terhadap hubungan antara variabel independen dan dependen, variabel intervening dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Mediator Variable

Mediator variable atau variabel perantara penuh berfungsi untuk menjelaskan hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Mediator variable dapat mempengaruhi atau memoderasi hubungan antara variabel independen dan dependen. Dalam konteks ini, mediator variable menjadi penghubung antara variabel independen dan dependen. Contohnya, dalam penelitian mengenai hubungan antara latihan fisik dan kesehatan mental, variabel peningkat mood dapat menjadi mediator variable yang menjelaskan hubungan antara latihan fisik dan kesehatan mental.

Pos Terkait:  Arti Kata Premium: Apa yang Dimaksud Dengan Premium?

2. Moderator Variable

Moderator variable atau variabel pemoderasi berfungsi untuk mempengaruhi atau memoderasi hubungan antara variabel independen dan dependen. Moderator variable tidak menjelaskan hubungan antara variabel independen dan dependen, melainkan mempengaruhi atau memoderasi hubungan tersebut. Contohnya, dalam penelitian mengenai hubungan antara latihan fisik dan kesehatan mental, variabel usia dapat menjadi moderator variable yang mempengaruhi atau memoderasi hubungan antara latihan fisik dan kesehatan mental.

Contoh Variabel Intervening

Berikut adalah contoh dari variabel intervening:

1. Mediator Variable

Contoh penelitian mengenai hubungan antara latihan fisik dan kesehatan mental, variabel peningkat mood dapat menjadi mediator variable yang menjelaskan hubungan antara latihan fisik dan kesehatan mental. Dalam penelitian ini, variabel independen adalah latihan fisik, variabel dependen adalah kesehatan mental, dan mediator variable adalah peningkat mood. Peningkat mood menjelaskan hubungan antara latihan fisik dan kesehatan mental, serta mempengaruhi hubungan tersebut.

2. Moderator Variable

Contoh penelitian mengenai hubungan antara latihan fisik dan kesehatan mental, variabel usia dapat menjadi moderator variable yang mempengaruhi atau memoderasi hubungan antara latihan fisik dan kesehatan mental. Dalam penelitian ini, variabel independen adalah latihan fisik, variabel dependen adalah kesehatan mental, dan moderator variable adalah usia. Usia mempengaruhi atau memoderasi hubungan antara latihan fisik dan kesehatan mental.

Pos Terkait:  Apa Saja Elemen Seni?

Kesimpulan

Variabel intervening atau variabel perantara adalah variabel yang berfungsi untuk menjelaskan hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Variabel ini juga dapat mempengaruhi atau memoderasi hubungan antara variabel independen dan dependen. Berdasarkan pengaruhnya terhadap hubungan antara variabel independen dan dependen, variabel intervening dibagi menjadi dua jenis, yaitu mediator variable dan moderator variable. Contoh dari mediator variable adalah peningkat mood dalam penelitian mengenai hubungan antara latihan fisik dan kesehatan mental, sementara contoh dari moderator variable adalah usia dalam penelitian yang sama. Penggunaan variabel intervening dalam penelitian dapat membantu memahami hubungan antara variabel independen dan dependen secara lebih terperinci dan akurat.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *