Tingkatan Terendah dari Klasifikasi Tumbuhan dan Hewan adalah

Posted on

Tumbuhan dan hewan adalah makhluk hidup yang memiliki banyak jenis dan variasi. Untuk mempermudah pengklasifikasian, ilmuwan dan ahli biologi melakukan klasifikasi berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki oleh tumbuhan dan hewan tersebut. Klasifikasi ini terdiri dari beberapa tingkatan, mulai dari tingkat yang paling rendah hingga yang tertinggi.

Tingkatan Terendah pada Klasifikasi Tumbuhan

Tingkatan terendah pada klasifikasi tumbuhan adalah kingdom. Kingdom adalah tingkatan paling dasar dalam klasifikasi tumbuhan. Tumbuhan dibagi menjadi lima kingdom, yaitu:

  • Plantae
  • Bacteria
  • Chromista
  • Fungi
  • Protista

Kingdom Plantae adalah kelompok tumbuhan yang paling banyak dikenal. Tumbuhan dalam kingdom Plantae memiliki fitur yang sama, yaitu kemampuan untuk melakukan fotosintesis. Kingdom Bacteria adalah kelompok tumbuhan yang paling kecil. Tumbuhan dalam kingdom ini berukuran sangat kecil dan memiliki struktur yang sederhana.

Kingdom Chromista merupakan kelompok tumbuhan yang tidak banyak dikenal. Tumbuhan dalam kingdom ini umumnya hidup di air dan memiliki fitur seperti alga. Kingdom Fungi adalah kelompok tumbuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tumbuhan dalam kingdom ini umumnya hidup di tanah dan memiliki kemampuan untuk menghancurkan bahan organik.

Pos Terkait:  Apa Jawaban dari What is the Text About?

Kingdom Protista merupakan kelompok tumbuhan yang paling kompleks. Tumbuhan dalam kingdom ini memiliki struktur yang lebih kompleks dibandingkan dengan kingdom lainnya. Tumbuhan dalam kingdom Protista umumnya hidup di air dan memiliki kemampuan untuk bergerak.

Tingkatan Terendah pada Klasifikasi Hewan

Tingkatan terendah pada klasifikasi hewan adalah phylum. Phylum adalah tingkatan paling dasar dalam klasifikasi hewan. Hewan dibagi menjadi sembilan phylum, yaitu:

  • Porifera
  • Cnidaria
  • Platyhelminthes
  • Nematoda
  • Annelida
  • Mollusca
  • Arthropoda
  • Echinodermata
  • Chordata

Phylum Porifera merupakan kelompok hewan yang paling sederhana. Hewan dalam phylum ini umumnya hidup di air dan memiliki struktur tubuh yang sangat sederhana. Phylum Cnidaria adalah kelompok hewan yang memiliki struktur tubuh yang lebih kompleks dibandingkan dengan phylum Porifera. Hewan dalam phylum ini umumnya hidup di air dan memiliki fitur seperti tentakel.

Phylum Platyhelminthes adalah kelompok hewan yang memiliki struktur tubuh yang pipih. Hewan dalam phylum ini umumnya hidup di air atau tanah. Phylum Nematoda adalah kelompok hewan yang memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil. Hewan dalam phylum ini umumnya hidup di tanah dan air.

Phylum Annelida adalah kelompok hewan yang memiliki tubuh yang tersegmentasi. Hewan dalam phylum ini umumnya hidup di air atau tanah. Phylum Mollusca adalah kelompok hewan yang memiliki cangkang. Hewan dalam phylum ini umumnya hidup di air atau darat.

Pos Terkait:  Ring 17 Pake Jari Ukuran Berapa?

Phylum Arthropoda adalah kelompok hewan yang memiliki tubuh yang tersegmentasi dan memiliki kaki. Hewan dalam phylum ini umumnya hidup di darat atau air. Phylum Echinodermata adalah kelompok hewan yang memiliki struktur tubuh seperti bintang. Hewan dalam phylum ini umumnya hidup di laut.

Phylum Chordata adalah kelompok hewan yang paling kompleks. Hewan dalam phylum ini memiliki tulang belakang dan sistem saraf yang kompleks. Hewan dalam phylum ini umumnya hidup di darat atau air.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tingkatan terendah pada klasifikasi tumbuhan adalah kingdom, sedangkan tingkatan terendah pada klasifikasi hewan adalah phylum. Tingkatan ini merupakan dasar dari klasifikasi tumbuhan dan hewan yang lebih kompleks. Dengan memahami tingkatan terendah ini, kita dapat lebih mudah mengklasifikasikan tumbuhan dan hewan berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *