Terbaru Peraturan Permainan Softball: Panduan Lengkap

Posted on

Apa itu Softball?

Softball adalah olahraga yang dimainkan dengan bola yang lebih besar dan lebih lembut daripada bola bisbol. Permainan ini dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing sembilan pemain di lapangan. Tujuan permainan adalah mencetak poin dengan menjalankan pemain dari satu basis ke basis lainnya dan kembali ke basis home.

Sejarah Softball

Softball pertama kali dimainkan pada tahun 1887 di Chicago oleh George Hancock. Awalnya, permainan ini dinamakan “indoor baseball” karena dimainkan di dalam ruangan pada saat musim dingin. Kemudian, nama permainan ini diubah menjadi “softball” karena bola yang digunakan lebih lembut daripada bola bisbol.

Terbaru Peraturan Permainan Softball

Peraturan permainan softball terus berubah dan berkembang seiring waktu. Beberapa perubahan terbaru dalam peraturan permainan softball antara lain:

1. Ukuran Bola

Ukuran bola softball bervariasi tergantung pada jenis permainannya. Softball fastpitch memiliki diameter 12 inci, sedangkan softball slowpitch memiliki diameter 11 atau 12 inci. Selain itu, bola softball harus memiliki berat minimal 6,25 ons dan maksimal 7 ons.

Pos Terkait:  300 gr sama dengan berapa ons atau kilo, mohon dijawab dan

2. Jenis Bola

Bola softball dapat terbuat dari berbagai bahan, termasuk kulit, gabus, dan karet. Namun, bola softball yang digunakan dalam pertandingan resmi harus terbuat dari kulit atau bahan sintetis yang menyerupai kulit.

3. Lapangan

Ukuran lapangan softball bervariasi tergantung pada jenis permainannya. Lapangan softball fastpitch memiliki ukuran 60 kaki x 60 kaki, sedangkan lapangan softball slowpitch memiliki ukuran 50 kaki x 70 kaki.

4. Waktu Permainan

Waktu permainan softball fastpitch biasanya 7 inning dengan waktu maksimal 2 jam. Sedangkan waktu permainan softball slowpitch biasanya 6 inning dengan waktu maksimal 1 jam 30 menit.

5. Pemain

Setiap tim softball terdiri dari sembilan pemain yang bermain di lapangan. Pemain yang berada di posisi pitcher harus melempar bola dengan kecepatan minimal 40 mil per jam untuk softball fastpitch dan tidak boleh melempar bola dengan kecepatan lebih dari 10 mil per jam untuk softball slowpitch.

6. Scoring

Poin dalam permainan softball dicetak ketika pemain berhasil berlari dari satu basis ke basis lainnya dan kembali ke basis home. Setiap kali pemain berhasil mencapai basis home, timnya mendapat satu poin.

Kesimpulan

Peraturan permainan softball terbaru terus berubah dan berkembang seiring waktu. Dalam permainan ini, penting bagi setiap pemain untuk memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku agar dapat bermain dengan fair dan meraih kemenangan. Semoga artikel ini dapat membantu anda memahami peraturan permainan softball dengan lebih baik.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *