Tentukan Mr NaOH (Ar; Na=23, Ar; O=16, Ar; H=1)

Posted on

Sebelum membahas tentang Mr NaOH, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu Mr. Mr adalah singkatan dari massa relatif yang merupakan perbandingan massa suatu zat dengan massa dari satu mol atom relatifnya. Sedangkan NaOH adalah senyawa kimia yang terdiri dari atom natrium (Na), oksigen (O) dan hidrogen (H).

Menghitung Mr NaOH

Untuk menghitung Mr NaOH, kita perlu mengetahui berapa jumlah atom dari setiap unsur yang terdapat dalam senyawa NaOH. Dalam NaOH terdapat 1 atom natrium (Na), 1 atom oksigen (O), dan 1 atom hidrogen (H). Berdasarkan data ini, kita dapat menghitung Mr NaOH sebagai berikut:

Mr NaOH = (Jumlah atom natrium x massa atom natrium) + (Jumlah atom oksigen x massa atom oksigen) + (Jumlah atom hidrogen x massa atom hidrogen)

Kita telah mengetahui jumlah atom dari setiap unsur dalam NaOH, selanjutnya kita perlu mengetahui massa atom masing-masing unsur. Berdasarkan data yang diberikan, massa atom natrium (Na) adalah 23, massa atom oksigen (O) adalah 16, dan massa atom hidrogen (H) adalah 1.

Mari kita hitung Mr NaOH:

Mr NaOH = (1 x 23) + (1 x 16) + (1 x 1)

Pos Terkait:  Belajar Konjungsi dengan Mudah dan Cepat

Mr NaOH = 23 + 16 + 1

Mr NaOH = 40

Penjelasan Hasil Perhitungan

Berdasarkan perhitungan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa Mr NaOH adalah 40. Artinya, massa relatif NaOH adalah 40 kali lebih berat dari satu mol atom relatif. Dalam hal ini, satu mol atom relatif yang digunakan adalah karbon-12 (12C).

Perhitungan Mr NaOH yang tepat sangat penting dalam dunia kimia. Hal ini karena Mr NaOH dapat membantu kita dalam menghitung berbagai parameter kimia, seperti konsentrasi larutan, reaksi kimia, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Setelah memahami konsep Mr dan menghitung Mr NaOH, kita dapat menyimpulkan bahwa Mr NaOH adalah 40. Dalam perhitungan Mr NaOH, kita perlu mengetahui jumlah atom dari setiap unsur dalam senyawa NaOH dan massa atom masing-masing unsur. Dengan memahami konsep Mr dan menghitung Mr NaOH, kita dapat dengan mudah menghitung berbagai parameter kimia yang terkait dengan NaOH.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *