Tentukan Kelipatan dari 4!

Posted on

Factorial adalah salah satu konsep matematika dasar yang sering digunakan dalam perhitungan statistik dan kombinatorika. Dalam matematika, factorial ditulis sebagai n! dan didefinisikan sebagai hasil perkalian bilangan bulat positif dari 1 hingga n. Misalnya, 4! sama dengan 4 x 3 x 2 x 1 = 24. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menentukan kelipatan dari 4!.

1. Menentukan 4!

Sebelum membahas cara menentukan kelipatan dari 4!, kita perlu terlebih dahulu menentukan nilai dari 4!. Untuk melakukan hal ini, kita dapat mengalikan 4 dengan 3, lalu hasilnya dikalikan dengan 2, dan terakhir dikalikan dengan 1:

4! = 4 x 3 x 2 x 1 = 24

2. Menentukan Kelipatan

Untuk menentukan kelipatan dari 4!, kita perlu memahami konsep kelipatan. Kelipatan adalah bilangan bulat yang dapat dibagi dengan bilangan lain tanpa sisa. Dalam hal ini, kita ingin mencari bilangan yang dapat dibagi dengan 24 tanpa sisa.

3. Faktorisasi Bilangan

Salah satu cara untuk menentukan kelipatan dari 4! adalah dengan melakukan faktorisasi bilangan. Faktorisasi bilangan adalah proses menguraikan suatu bilangan menjadi faktor-faktor yang lebih kecil. Dalam hal ini, kita akan mencari faktor dari bilangan 24.

Pos Terkait:  Bagaimana Tegangan yang Mengalir pada Rangkaian Paralel

24 dapat difaktorisasi menjadi:

24 = 2 x 2 x 2 x 3

4. Menentukan Kelipatan

Setelah kita memfaktorisasi bilangan 24, kita dapat menentukan kelipatan dari 4! dengan cara menghitung jumlah faktor 2 dalam faktorisasi bilangan tersebut. Karena 2 adalah faktor dari 4!, kita hanya perlu memperhatikan faktor-faktor 2 dalam faktorisasi bilangan 24.

Dalam hal ini, terdapat tiga faktor 2 dalam faktorisasi bilangan 24, yaitu 2 x 2 x 2. Oleh karena itu, kelipatan dari 4! adalah 2^3 atau 8.

5. Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara menentukan kelipatan dari 4!. Kita dapat menentukan kelipatan dengan cara menghitung jumlah faktor 2 dalam faktorisasi bilangan 24. Dalam hal ini, kelipatan dari 4! adalah 8.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *