Tentukan Hasil dari Perpangkatan Berikut: a.2 Pangkat 8 b

Posted on

Perpangkatan adalah operasi matematika yang melibatkan pemangkatan bilangan dengan eksponen tertentu. Dalam matematika, perpangkatan biasa dilambangkan dengan notasi a^n, di mana a adalah bilangan yang dipangkatkan dan n adalah eksponen.

Jadi, dalam kasus ini, kita diminta untuk menentukan hasil dari perpangkatan a.2 pangkat 8 dan b.^2. Namun, sebelum kita membahas masalah ini lebih lanjut, mari kita ulas terlebih dahulu konsep dasar dari perpangkatan.

Perpangkatan

Perpangkatan adalah operasi yang melibatkan pengulangan perkalian. Dalam perpangkatan, bilangan yang dipangkatkan akan dikalikan dengan dirinya sendiri sebanyak eksponen yang diberikan.

Sebagai contoh, 2 pangkat 3 dapat ditulis sebagai 2 x 2 x 2, yang juga dapat disederhanakan menjadi 8. Dalam hal ini, 2 adalah bilangan yang dipangkatkan, dan 3 adalah eksponen.

Selain itu, kita juga dapat menggunakan notasi eksponensial untuk menulis perpangkatan. Dalam notasi ini, a^n dapat ditulis sebagai a dengan eksponen n, seperti yang kita lihat dalam kasus a.2 pangkat 8 dan b.^2.

Tentukan Hasil dari Perpangkatan a.2 Pangkat 8

Untuk menentukan hasil dari perpangkatan a.2 pangkat 8, kita perlu mengalikan 2 dengan dirinya sendiri sebanyak 8 kali:

a.2 pangkat 8 = 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 = 256

Pos Terkait:  Arti Kata Sukses: Menjelajahi Makna Keberhasilan

Jadi, hasil dari perpangkatan a.2 pangkat 8 adalah 256.

Tentukan Hasil dari Perpangkatan b.^2

Untuk menentukan hasil dari perpangkatan b.^2, kita perlu mengalikan b dengan dirinya sendiri sebanyak 2 kali:

b.^2 = b x b = b^2

Jadi, hasil dari perpangkatan b.^2 adalah b^2.

Kesimpulan

Perpangkatan adalah operasi matematika yang melibatkan pemangkatan bilangan dengan eksponen tertentu. Dalam perpangkatan, bilangan yang dipangkatkan akan dikalikan dengan dirinya sendiri sebanyak eksponen yang diberikan.

Jadi, untuk menentukan hasil dari perpangkatan a.2 pangkat 8, kita perlu mengalikan 2 dengan dirinya sendiri sebanyak 8 kali, dan hasilnya adalah 256. Sedangkan untuk perpangkatan b.^2, kita perlu mengalikan b dengan dirinya sendiri sebanyak 2 kali, dan hasilnya adalah b^2.

Dengan memahami konsep dasar perpangkatan, kita dapat lebih mudah menyelesaikan masalah matematika yang melibatkan operasi ini.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *