Tentukan Hasil dari (a – 3)³ Adalah

Posted on

Pendahuluan

Dalam matematika, perhitungan eksponen atau pangkat merupakan satu hal yang sangat penting. Salah satu bentuk perhitungan eksponen adalah (a – 3)³. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana menentukan hasil dari (a – 3)³.

Pengertian Eksponen

Sebelum kita membahas tentang (a – 3)³, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu eksponen. Eksponen atau pangkat merupakan operasi matematika yang digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu bilangan dimuatkan dengan bilangan yang sama, yang disebut pangkat.Contohnya, bilangan 2 pangkat 3 ditulis sebagai 2³. Artinya, 2 dimuatkan dengan bilangan 2 sebanyak 3 kali. Sehingga, 2³ sama dengan 2 x 2 x 2 = 8.

Perhitungan (a – 3)³

Sekarang, mari kita bahas bagaimana menentukan hasil dari (a – 3)³.(a – 3)³ dapat ditulis sebagai (a – 3) x (a – 3) x (a – 3). Dalam hal ini, kita akan menggunakan rumus binomial untuk menyelesaikan perhitungan ini.Rumus binomial adalah sebagai berikut:(a + b)² = a² + 2ab + b²(a – b)² = a² – 2ab + b²(a + b)³ = a³ + 3a²b + 3ab² + b³(a – b)³ = a³ – 3a²b + 3ab² – b³Dalam hal ini, a adalah bilangan yang dikuadratkan dan b adalah bilangan yang dikalikan dengan a.Dengan menggunakan rumus binomial, kita dapat menentukan hasil dari (a – 3)³. Berikut adalah perhitungannya:(a – 3) x (a – 3) x (a – 3)= (a – 3)² x (a – 3)= [a² – 2(3)a + 3²] x (a – 3)= (a² – 6a + 9) x (a – 3)= a³ – 3a²(3) + 3a(9) – 27= a³ – 9a² + 27a – 27Dengan demikian, hasil dari (a – 3)³ adalah a³ – 9a² + 27a – 27.

Pos Terkait:  Sebutkan Tujuan Nasional Bangsa Indonesia

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang bagaimana menentukan hasil dari (a – 3)³. Kita telah menggunakan rumus binomial untuk menyelesaikan perhitungan ini. Dengan demikian, hasil dari (a – 3)³ adalah a³ – 9a² + 27a – 27.Dalam matematika, perhitungan eksponen atau pangkat merupakan satu hal yang sangat penting. Dalam kasus (a – 3)³, kita dapat menggunakan rumus binomial untuk menyelesaikan perhitungan ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *