Tentukan Apakah Perubahan Oksidasi atau Reduksi = MnO2

Posted on

Mangan dioksida (MnO2) adalah senyawa anorganik yang terdiri dari mangan dan oksigen. Senyawa ini digunakan dalam berbagai aplikasi industri, termasuk sebagai katalis, bahan kimia untuk kaca, dan sebagai bahan bakar untuk baterai. Namun, apakah perubahan yang terjadi pada MnO2 adalah oksidasi atau reduksi?

Perubahan Oksidasi

Oksidasi adalah proses di mana suatu zat kehilangan elektron. Dalam hal ini, mangan dioksida (MnO2) memiliki oksidasi keadaan +4. Ini berarti bahwa mangan telah kehilangan 4 elektron untuk mencapai keadaan ini. Dalam reaksi ini, oksigen bertindak sebagai oksidator karena menerima elektron dari mangan. Oleh karena itu, perubahan MnO2 adalah perubahan oksidasi.

Perubahan Reduksi

Reduksi adalah proses di mana suatu zat mendapatkan elektron. Dalam hal ini, mangan dioksida (MnO2) tidak mengalami perubahan reduksi. Ini karena dalam reaksi di mana MnO2 terlibat, ia kehilangan elektron dan bukan mendapatkannya, sehingga tidak mengalami perubahan reduksi.

Kesimpulan

Jadi, untuk menjawab pertanyaan “Tentukan Apakah Perubahan Oksidasi atau Reduksi = MnO2”, jawabannya adalah perubahan oksidasi. MnO2 mengalami oksidasi karena kehilangan elektron dalam reaksi di mana senyawa tersebut terlibat.

Related posts:
Pos Terkait:  Bagaimana Sikap Keluarga Hani kepada Duwi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *