Tembereng: Mengenal Jenis-jenis Tembereng dan Fungsinya

Posted on

Tembereng adalah salah satu benda yang digunakan sebagai alat pelindung pada saat berperang. Tembereng memiliki bentuk bulat atau oval dan terbuat dari bahan kayu atau logam. Di Indonesia, tembereng telah digunakan sejak zaman kerajaan sebagai alat pelindung pada saat perang. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih dalam tentang jenis-jenis tembereng dan fungsinya.

Jenis-jenis Tembereng

Ada beberapa jenis tembereng yang sering digunakan pada zaman dahulu, diantaranya:

1. Tembereng Kayu

Tembereng kayu adalah tembereng yang terbuat dari bahan kayu. Tembereng jenis ini banyak digunakan pada zaman dahulu karena bahan kayu mudah didapat dan lebih murah dibandingkan dengan logam. Tembereng kayu biasanya dihias dengan ukiran dan lukisan yang indah.

2. Tembereng Logam

Tembereng logam adalah tembereng yang terbuat dari bahan logam, seperti besi atau perunggu. Tembereng jenis ini lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan tembereng kayu. Tembereng logam biasanya dihias dengan ukiran dan ornamen yang indah.

3. Tembereng Kulit

Tembereng kulit adalah tembereng yang terbuat dari bahan kulit binatang, seperti sapi atau kerbau. Tembereng jenis ini lebih ringan dan fleksibel dibandingkan dengan tembereng kayu atau logam. Tembereng kulit biasanya dihias dengan ukiran dan lukisan yang indah.

Pos Terkait:  10 Perbedaan Akuntansi dan Manajemen sebagai Referensi

Fungsi Tembereng

Tembereng memiliki beberapa fungsi, diantaranya:

1. Sebagai Alat Pelindung

Tembereng digunakan sebagai alat pelindung pada saat berperang. Tembereng dapat mencegah terjadinya luka atau cedera pada tubuh dari serangan senjata lawan. Selain itu, tembereng juga dapat digunakan sebagai perisai untuk melindungi pasukan dari serangan panah atau peluru musuh.

2. Sebagai Alat Pertahanan

Tembereng juga dapat digunakan sebagai alat pertahanan. Tembereng dapat digunakan untuk memantulkan serangan musuh, sehingga serangan tersebut tidak mengenai sasaran. Selain itu, tembereng juga dapat digunakan untuk menangkis serangan musuh, sehingga serangan tersebut tidak merusak pertahanan pasukan.

3. Sebagai Alat Serangan

Tembereng juga dapat digunakan sebagai alat serangan. Pasukan dapat menyerang musuh dengan memutar tembereng dan menyerang musuh dengan pedang atau tombak. Tembereng juga dapat digunakan untuk mengecoh musuh, sehingga pasukan dapat menyerang musuh dengan lebih mudah.

Kesimpulan

Tembereng adalah salah satu alat pelindung yang digunakan pada saat berperang. Tembereng memiliki beberapa jenis, seperti tembereng kayu, tembereng logam, dan tembereng kulit. Tembereng memiliki beberapa fungsi, seperti sebagai alat pelindung, alat pertahanan, dan alat serangan. Dalam perkembangannya, tembereng masih digunakan pada saat perang atau sebagai benda seni dan budaya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *