Teks Laporan Disebut Juga: Apa itu dan Bagaimana Cara Membuatnya

Posted on

Teks laporan adalah jenis teks yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara tertulis mengenai suatu kejadian, pengamatan, atau hasil penelitian. Jenis teks ini sering digunakan di berbagai bidang seperti akademik, bisnis, dan pemerintahan.

Apa Saja Ciri-ciri Teks Laporan?

Sebuah teks laporan memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dari jenis teks lainnya, yaitu:

  • Memiliki struktur yang teratur, terdiri dari bagian-bagian seperti halaman judul, daftar isi, pendahuluan, isi laporan, kesimpulan, dan daftar pustaka (jika ada).
  • Menggunakan bahasa formal dan objektif, tidak menggunakan bahasa yang emosional atau subjektif seperti dalam teks naratif.
  • Menyajikan informasi secara sistematis dengan menggunakan grafik, tabel, atau diagram untuk memperjelas informasi yang disampaikan.
  • Memiliki referensi yang jelas, baik itu dari sumber langsung maupun sumber tertulis.
  • Menggunakan gaya bahasa yang jelas dan mudah dipahami.
Pos Terkait:  Arti Kata Intro dalam BBM

Bagaimana Cara Membuat Teks Laporan?

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat teks laporan:

1. Memilih Topik

Pilih topik yang sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda. Pastikan topik yang dipilih telah memiliki cukup referensi untuk dijadikan bahan penulisan.

2. Menentukan Tujuan

Tentukan tujuan dari penulisan teks laporan, apakah untuk memberikan informasi, mengajukan usulan, atau memberikan rekomendasi.

3. Membuat Rencana Penulisan

Buatlah rencana penulisan dengan menentukan struktur laporan, baik itu halaman judul, daftar isi, pendahuluan, isi laporan, kesimpulan, dan daftar pustaka (jika ada).

4. Mencari Referensi

Carilah referensi yang relevan dan dapat diandalkan untuk digunakan sebagai bahan penulisan. Referensi dapat berupa buku, jurnal, artikel, atau sumber lainnya.

5. Menulis Laporan

Setelah semua persiapan telah dilakukan, mulailah menulis laporan dengan mengikuti struktur yang telah ditentukan. Gunakan bahasa formal dan objektif dalam penulisan laporan.

6. Menyajikan Informasi dengan Grafik atau Tabel

Jika diperlukan, gunakan grafik atau tabel untuk memperjelas informasi yang disampaikan dalam laporan. Pastikan grafik atau tabel yang digunakan relevan dengan informasi yang ingin disampaikan.

7. Merevisi dan Mengedit Laporan

Setelah selesai menulis laporan, baca ulang dan periksa kembali kesalahan-kesalahan yang ada. Lakukan revisi dan editing agar laporan menjadi lebih baik dan mudah dipahami.

Pos Terkait:  Berikut Merupakan Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Sedang Melakukan Sesuatu

Apa Saja Jenis-jenis Teks Laporan?

Teks laporan dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tujuan dan fungsinya. Berikut adalah beberapa jenis teks laporan:

1. Laporan Hasil Penelitian

Laporan hasil penelitian adalah jenis laporan yang dibuat untuk menginformasikan hasil penelitian yang telah dilakukan. Jenis laporan ini sering digunakan di bidang akademik seperti dalam penulisan skripsi, tesis, atau disertasi.

2. Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah jenis laporan yang digunakan untuk menyajikan informasi keuangan suatu perusahaan atau organisasi. Laporan ini berisi informasi tentang arus kas, neraca, dan laporan laba rugi.

3. Laporan Kegiatan

Laporan kegiatan adalah jenis laporan yang digunakan untuk menyajikan informasi tentang kegiatan yang telah dilakukan oleh suatu perusahaan atau organisasi. Laporan ini berisi informasi tentang tujuan kegiatan, target yang ingin dicapai, dan hasil yang telah dicapai.

4. Laporan Audit

Laporan audit adalah jenis laporan yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja suatu perusahaan atau organisasi. Laporan ini berisi informasi tentang masalah-masalah yang terjadi dan rekomendasi untuk memperbaiki kinerja perusahaan atau organisasi tersebut.

5. Laporan Evaluasi

Laporan evaluasi adalah jenis laporan yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja suatu program atau proyek. Laporan ini berisi informasi tentang tujuan program atau proyek, target yang ingin dicapai, dan hasil yang telah dicapai.

Pos Terkait:  Bagaimana Cara Jual Beli Tanah Menurut Hukum Adat, Hukum Perdata Barat dan UUPA 2

Kesimpulan

Teks laporan merupakan jenis teks yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara tertulis mengenai suatu kejadian, pengamatan, atau hasil penelitian. Sebuah teks laporan memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dari jenis teks lainnya. Untuk membuat teks laporan, ada beberapa langkah yang harus dilakukan seperti memilih topik, menentukan tujuan, membuat rencana penulisan, mencari referensi, menulis laporan, menyajikan informasi dengan grafik atau tabel, dan merevisi serta mengedit laporan. Jenis-jenis teks laporan juga dapat dibedakan berdasarkan tujuan dan fungsinya. Dengan memahami cara membuat teks laporan, Anda dapat membuat laporan yang baik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *