Teks Eksplanasi: Pengertian dan Contohnya

Posted on

Teks eksplanasi adalah salah satu jenis teks yang bertujuan untuk menjelaskan suatu fenomena atau kejadian dengan detail dan logis. Dalam teks eksplanasi, penulis harus mampu memberikan informasi yang akurat dan terpercaya serta menyajikan argumen yang kuat untuk mendukung penjelasannya.

Karakteristik Teks Eksplanasi

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang contoh teks eksplanasi, ada beberapa karakteristik yang harus kita ketahui terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri teks eksplanasi:

1. Tujuan

Teks eksplanasi memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan yang jelas dan mudah dipahami tentang suatu fenomena atau kejadian. Penjelasan yang diberikan harus didukung dengan informasi yang akurat dan terpercaya.

2. Struktur

Teks eksplanasi memiliki struktur yang terdiri dari pendahuluan, isi, dan kesimpulan. Pada bagian pendahuluan, penulis harus memberikan gambaran tentang topik yang akan dijelaskan. Sedangkan pada bagian isi, penulis harus menjelaskan dengan detail tentang topik yang telah dijelaskan pada bagian pendahuluan. Bagian kesimpulan berisi ringkasan dari penjelasan yang telah diberikan.

3. Bahasa

Teks eksplanasi menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Penulis harus menggunakan kata-kata yang sederhana dan tidak terlalu teknis agar pembaca dapat dengan mudah memahami penjelasan yang diberikan.

Pos Terkait:  Hasil dari ( 3 1/2 x 2/5 ) : 0,25

Contoh Teks Eksplanasi

Berikut ini adalah beberapa contoh teks eksplanasi yang dapat membantu Anda untuk memahami lebih lanjut tentang jenis teks ini.

Contoh 1: Teks Eksplanasi tentang Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses di mana tumbuhan dan beberapa jenis bakteri dapat menghasilkan makanan mereka sendiri. Proses fotosintesis terjadi di dalam kloroplas, yaitu organel sel yang terdapat pada daun tumbuhan. Proses ini memerlukan sinar matahari, air, dan karbon dioksida (CO2).

Ketika sinar matahari mengenai daun tumbuhan, energi dari sinar matahari tersebut diserap oleh klorofil yang terdapat pada kloroplas. Selanjutnya, energi tersebut digunakan untuk memecah molekul air menjadi oksigen (O2) dan hidrogen (H). Oksigen yang dihasilkan akan dilepaskan ke udara dan dapat digunakan oleh makhluk hidup lainnya untuk bernafas. Sedangkan hidrogen akan digunakan untuk mengikat karbon dioksida (CO2) menjadi glukosa (C6H12O6) yang merupakan sumber energi bagi tumbuhan.

Contoh 2: Teks Eksplanasi tentang Perubahan Musim

Perubahan musim terjadi karena adanya perbedaan dalam jumlah sinar matahari yang diterima oleh bumi. Bumi berputar mengelilingi matahari dalam waktu 365 hari atau satu tahun. Selama perputaran tersebut, bumi juga terus berotasi pada porosnya yang membutuhkan waktu 24 jam atau satu hari.

Pos Terkait:  Apa Arti Menyematkan Video?

Selama satu tahun, bumi mengalami empat musim yang berbeda, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Perubahan musim terjadi karena adanya perbedaan dalam sudut kemiringan bumi terhadap matahari. Pada saat bumi cenderung lebih dekat dengan matahari, maka wilayah tersebut akan mengalami musim panas. Sedangkan pada saat bumi cenderung lebih jauh dari matahari, maka wilayah tersebut akan mengalami musim dingin.

Kesimpulan

Teks eksplanasi merupakan jenis teks yang sangat penting dalam dunia pendidikan dan penelitian. Dalam teks eksplanasi, penulis harus mampu memberikan penjelasan yang akurat dan terpercaya serta menyajikan argumen yang kuat untuk mendukung penjelasannya. Dengan memahami karakteristik teks eksplanasi dan contoh-contohnya, diharapkan kita dapat lebih mudah dalam menulis teks eksplanasi yang baik dan benar.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *