Tangga Nada Diatonis Terdiri Atas Nada – Apa Saja Itu?

Posted on

Tangga nada diatonis merupakan salah satu dasar dalam musik dan sangat penting untuk dipahami oleh para musisi dan pecinta musik. Tangga nada diatonis terdiri atas nada-nada yang membentuk sebuah susunan atau urutan nada yang sering digunakan dalam musik.

Apa Itu Nada?

Nada adalah sebuah getaran suara yang memiliki frekuensi tertentu. Setiap nada memiliki frekuensi yang berbeda dan dinyatakan dalam satuan hertz (Hz). Semakin tinggi frekuensi, semakin tinggi pula nada yang dihasilkan.

Dalam musik, terdapat 12 jenis nada yang terdiri atas nada dasar (C, D, E, F, G, A, B) dan nada yang telah dimodifikasi atau diberi tanda seperti # atau b.

Apa Itu Tangga Nada Diatonis?

Tangga nada diatonis terdiri atas 7 buah nada yang disusun dalam sebuah urutan tertentu. Urutan nada tersebut adalah:

Do – Re – Mi – Fa – Sol – La – Si – Do

Urutan nada tersebut dapat membentuk sebuah tangga nada yang sering disebut sebagai tangga nada diatonis mayor. Urutan ini juga dapat dimulai dari nada lainnya dan membentuk tangga nada diatonis lainnya seperti tangga nada diatonis minor.

Bagaimana Cara Membentuk Tangga Nada Diatonis?

Untuk membentuk tangga nada diatonis, kita dapat menggunakan rumus W-W-S-W-W-W-S. W adalah singkatan dari whole atau 2 nada utuh, sedangkan S adalah singkatan dari semi atau 1 nada setengah. Dengan menggunakan rumus tersebut, kita dapat membentuk tangga nada diatonis mayor yang terdiri atas:

Do – Re – Mi – Fa – Sol – La – Si – Do

Pos Terkait:  Apa Pengertian Teknik Akuarel?

Dalam tangga nada diatonis mayor, jarak antara setiap nada adalah 2 nada utuh kecuali antara Mi dan Fa serta antara Si dan Do yang hanya terpisah 1 nada setengah.

Apa Saja Fungsi Tangga Nada Diatonis?

Tangga nada diatonis memiliki beberapa fungsi dalam musik. Fungsi-fungsi tersebut antara lain:

  • Sebagai dasar dalam pembentukan melodi atau lagu.
  • Sebagai acuan dalam pembentukan harmoni atau paduan suara.
  • Sebagai dasar dalam pembentukan akor atau pengiring musik.

Bagaimana Cara Menggunakan Tangga Nada Diatonis?

Untuk menggunakan tangga nada diatonis, kita dapat memulai dari nada dasar yang diinginkan dan mengikuti urutan nada yang sudah ditentukan. Dalam penggunaannya, kita dapat membentuk sebuah melodi atau lagu dengan menggabungkan beberapa nada dalam urutan yang telah ditentukan.

Selain itu, tangga nada diatonis juga dapat digunakan sebagai acuan dalam pembentukan harmoni atau paduan suara. Dalam pembentukan harmoni, kita dapat menggabungkan beberapa nada yang saling berpadu dengan menggunakan tangga nada diatonis sebagai acuan.

Apa Saja Jenis-jenis Tangga Nada Diatonis?

Tangga nada diatonis tidak hanya terdiri atas satu jenis saja, melainkan terdapat beberapa jenis yang berbeda. Beberapa jenis tangga nada diatonis tersebut antara lain:

  • Tangga Nada Diatonis Mayor
  • Tangga Nada Diatonis Minor
  • Tangga Nada Diatonis Harmonik Minor
  • Tangga Nada Diatonis Melodik Minor
  • Tangga Nada Diatonis Blues
  • Tangga Nada Diatonis Pentatonik

Apa Beda Tangga Nada Diatonis Mayor dan Minor?

Tangga nada diatonis mayor dan minor memiliki perbedaan dalam urutan nada yang digunakan. Urutan nada pada tangga nada diatonis mayor adalah:

Do – Re – Mi – Fa – Sol – La – Si – Do

Sedangkan pada tangga nada diatonis minor, urutan nada yang digunakan adalah:

Do – Re – Me b – Fa – Sol – La b – Si b – Do

Perbedaan tersebut terletak pada nada ketiga, keenam, dan ketujuh. Nada ketiga pada tangga nada diatonis minor adalah Me b, sedangkan pada tangga nada diatonis mayor adalah Mi. Nada keenam pada tangga nada diatonis minor adalah La b, sedangkan pada tangga nada diatonis mayor adalah La. Nada ketujuh pada tangga nada diatonis minor adalah Si b, sedangkan pada tangga nada diatonis mayor adalah Si.

Pos Terkait:  Kelengkapan dan Syarat Melamar Kerja

Apa Itu Tangga Nada Diatonis Harmonik Minor?

Tangga nada diatonis harmonik minor merupakan salah satu jenis tangga nada diatonis yang sering digunakan dalam musik klasik. Tangga nada diatonis harmonik minor memiliki urutan nada sebagai berikut:

Do – Re – Me b – Fa – Sol – La b – Si – Do

Pada tangga nada diatonis harmonik minor, perbedaan terletak pada nada ketujuh yang dinaikkan 1 nada setengah. Hal ini memberikan suara yang lebih unik dan menarik pada tangga nada diatonis harmonik minor.

Apa Itu Tangga Nada Diatonis Melodik Minor?

Tangga nada diatonis melodik minor juga merupakan salah satu jenis tangga nada diatonis yang sering digunakan dalam musik klasik. Tangga nada diatonis melodik minor memiliki urutan nada yang berbeda pada saat naik dan turun. Urutan nada pada saat naik adalah:

Do – Re – Me b – Fa – Sol – La – Si – Do

Sedangkan urutan nada pada saat turun adalah:

Do – La b – Sol – Fa – Me b – Re – Do

Perbedaan urutan nada pada saat naik dan turun memberikan suara yang lebih dinamis pada tangga nada diatonis melodik minor.

Apa Itu Tangga Nada Diatonis Blues?

Tangga nada diatonis blues merupakan jenis tangga nada diatonis yang sering digunakan dalam musik blues. Tangga nada diatonis blues memiliki urutan nada sebagai berikut:

Do – Mi b – Fa – Fa # – Sol – Si b – Do

Pada tangga nada diatonis blues, terdapat 2 buah nada yang diberi tanda # dan b. Hal ini memberikan suara yang unik dan khas pada tangga nada diatonis blues.

Apa Itu Tangga Nada Diatonis Pentatonik?

Tangga nada diatonis pentatonik merupakan jenis tangga nada diatonis yang hanya terdiri atas 5 buah nada. Urutan nada pada tangga nada diatonis pentatonik adalah:

Pos Terkait:  Semua Bentuk Tarikan Atau Dorongan Dalam IPA disebut?

Do – Re – Mi – Sol – La – Do

Tangga nada diatonis pentatonik sering digunakan dalam musik tradisional Asia dan Afrika.

Bagaimana Cara Menggunakan Tangga Nada Diatonis dalam Musik?

Untuk menggunakan tangga nada diatonis dalam musik, kita dapat memulai dari nada dasar yang diinginkan dan mengikuti urutan nada yang telah ditentukan. Dalam penggunaannya, kita dapat membentuk sebuah melodi atau lagu dengan menggabungkan beberapa nada dalam urutan yang telah ditentukan.

Selain itu, tangga nada diatonis juga dapat digunakan sebagai acuan dalam pembentukan harmoni atau paduan suara. Dalam pembentukan harmoni, kita dapat menggabungkan beberapa nada yang saling berpadu dengan menggunakan tangga nada diatonis sebagai acuan.

Kesimpulan

Tangga nada diatonis merupakan dasar dalam musik dan sangat penting untuk dipahami oleh para musisi dan pecinta musik. Tangga nada diatonis terdiri atas 7 buah nada yang disusun dalam sebuah urutan tertentu. Tangga nada diatonis memiliki beberapa fungsi dalam musik, antara lain sebagai dasar dalam pembentukan melodi atau lagu, sebagai acuan dalam pembentukan harmoni atau paduan suara, dan sebagai dasar dalam pembentukan akor atau pengiring musik.

Tangga nada diatonis tidak hanya terdiri atas satu jenis saja, melainkan terdapat beberapa jenis yang berbeda seperti tangga nada diatonis mayor, tangga nada diatonis minor, tangga nada diatonis harmonik minor, tangga nada diatonis melodik minor, tangga nada diatonis blues, dan tangga nada diatonis pentatonik. Dalam penggunaannya, kita dapat membentuk sebuah melodi atau lagu dengan menggabungkan beberapa nada dalam urutan yang telah ditentukan serta menggabungkan beberapa nada yang saling berpadu dengan menggunakan tangga nada diatonis sebagai acuan dalam pembentukan harmoni atau paduan suara.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *