Tangga Nada Diatonis Terdiri atas Berapa Nada?

Posted on

Tangga nada diatonis merupakan salah satu konsep penting dalam musik. Namun, tidak semua orang memahami betul tentang tangga nada diatonis dan berapa banyak nada yang terdapat di dalamnya. Pada artikel ini, kita akan membahas secara detail mengenai tangga nada diatonis dan berapa jumlah nada yang terdapat di dalamnya.

Apa Itu Tangga Nada Diatonis?

Tangga nada diatonis merupakan urutan nada-nada yang terdiri dari 7 nada dasar yaitu do, re, mi, fa, sol, la, si. Nada-nada tersebut diberi nama dengan huruf A hingga G, dimulai dari do sebagai nada dasar. Setiap nada memiliki interval atau jarak nada yang berbeda-beda dengan nada lainnya.

Tangga nada diatonis dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu mayor dan minor. Mayor memiliki mood atau suasana yang cerah dan riang, sementara minor memiliki mood yang lebih sedih dan suram.

Berapa Jumlah Nada yang Terdapat di dalam Tangga Nada Diatonis?

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, tangga nada diatonis terdiri dari 7 nada dasar. Namun, jumlah nada yang terdapat di dalam tangga nada diatonis sebenarnya lebih dari 7. Ada beberapa nada-nada tambahan yang dapat dimasukkan ke dalam tangga nada diatonis, seperti nada-nada kromatis dan nada-nada pentatonis.

Pos Terkait:  Perkembangan Penulisan Karya Sastra Bercorak Hindu Buddha pada Masa Kerajaan

Nada-nada kromatis merupakan nada-nada yang terletak di antara nada-nada di dalam tangga nada diatonis. Nada-nada kromatis ini biasanya diberi tanda tambahan seperti tanda di atau tanda mol, untuk menandakan bahwa nada tersebut bukan termasuk dalam nada dasar.

Nada-nada pentatonis merupakan nada-nada yang terdiri dari 5 nada saja, yaitu do, re, mi, sol, la. Nada-nada ini tidak termasuk dalam tangga nada diatonis, namun sering digunakan dalam musik tradisional Asia dan Afrika.

Penutup

Jadi, jumlah nada yang terdapat di dalam tangga nada diatonis sebenarnya lebih dari 7, dengan adanya nada-nada kromatis dan pentatonis. Namun, 7 nada dasar yaitu do, re, mi, fa, sol, la, si tetap menjadi inti dari tangga nada diatonis. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami lebih baik tentang tangga nada diatonis dan jumlah nada yang terdapat di dalamnya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *